• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Anggota DPRK Banda Aceh Minta Dinas Pendidikan Dayah Jalani Tupoksi

16 October
00:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Anggota DPRK Kota Banda Aceh Sofyan Helmi, SE meminta kepada Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh dapat menjalankan tupoksinya dalam pemberdayaan dayah, hal ini sesuai dengan Visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah.

"Dayah merupakan  salah satu unsur dunia pendidikan yang mampu mendongkrak tiga pilar utama pembangunan Pemko Banda Aceh yakni dalam bidang agama, pendidikan, dan ekonomi,” tegas Sofyan Helmi, SE Sekretaris Komisi IV DPRK Banda Aceh, Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, khusus dalam bidang agama dayah punya peran ganda dalam penguatan dan penegakan syariat Islam selain sebagai dunia pendidikan dayah, juga menjadi tempat rujukan masyarakat aceh dalam setiap dimensi persolan kehidupan.

“Keberadaan dayah dalam kehidupan masyarakat sulit untuk dipisahkan, maka kehadiran dayah dalam pembangunan kota menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan,” ungkapnya.

Sofyan Helmi berharap dinas pendidikan dayah kota Banda Aceh perlu memikirkan format-format dalam memajukan pendidikan dayah, dalam melahirkan generasi yang benar-benar paham hukum agama (tafaqquh Fiddin).

"Kedepan hendaknya setiap dayah yang ada di kota Banda Aceh punya ciri khas dalam bidang pembelajaran kitab kuning, sehingga kota ini akan memiliki beragam tokoh agama yang mumpuni dibidang nya masing-masing,  misalnya dayah di kecamatan A, fokus pada Fiqh, maka di dayah lain fokus kitab tafsir dan lain sebagainya, " tegasnya.

“Saya berharap kedepan, di seluruh Kota Banda Aceh  terdapat para alim ulama yang benar-benar paham agama, sehingga proses menggemilangkan kota secara syariah benar-benar terujud sebagaimana cita-cita kita,’tutup Sofyan Helmi anggota DPRK Fraksi PAN ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00