• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BPJS Ketenagakerjaan Jembatani Kesejahteraan Pekerja di Sabang

17 September
14:53 2019
2 Votes (4.5)

KBRN, Sabang: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Banda Aceh Jembatani Kesejahteraan Pekerja di Sabang lewat temu ramah dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada pengusaha perusahaan dan pengelola penginapan, di room hotel ternama di Sabang.

Fasilitator Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan cabang Banda Aceh, Ansyah Pohan dan Rijal Fahmi, didamping  perwakilan Service Point Office (SPO) BNI 46 Sabang, Putra, memaparkan sejumlah manfaat BPJS Ketenagakerjaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja penerima upah, kepada sejumlah pengusaha perusahaan dan pengelola pengusaha perhotelan penginapan yang ada di Sabang.

Didalam paparannya, diantaranya Ansyah menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 jenis program BPJS, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Dimana masing-masing program ini sendiri punya manfaat yang memang ditujukan untuk perlindungan kepada si tenagakerja,” terang Ansyah. Selasa (17/9/2019)

Menjawab RRI terkait manfaat dan keuntungannya, menurut Ansyah, peserta program BPJS Ketenagakerjaan dapat langsung merasakan kenyamanan untuk melakukan berbagai aktisitas ketenakerjaannya, selain itu di hari tuanya memasuki masa pensiun juga merasakan kenyamanan dengan tabungan hari tua dengan jumlah pensiun yang dapat dicairkan kembali untuk memasuki hari tuanya.

Untuk menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan, lanjut Ansyah, pemberi kerja atau pekerja melakukan pendaftaran dengan cara, menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan atau perwakilan SPO bank kerjasama terdekat, atau secara online (www.bpjsketenagakerjaan.go.id), mengisi formulir untuk pendaftaran perusahaan (F1), mengisi formulir untuk pendaftaran pekerja (F1a), membayar iuran pertama sesuai dengan jumlah yang telah dihitung dan ditetapkan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai contoh untuk rincian iuran bulanan di sektor individu, peserta yang berpenghasilan upah kerja berkisar Rp 1 juta perbulan, mengikuti 3 jenis program BPJS Ketenagakerjaan yakni JKK sebesar Rp10.000, JKM sebesar Rp6.800, dan JHT sebesar Rp20.000, maka total iuran bulanan sebesar Rp36.800,- perbulannya, tutup Anyah Pohan. (HBS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00