• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Pagelaran Seni Budaya Etnic Serumpun Ditargetkan Menjadi Kalender Top Even Nasional

12 September
19:34 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sabang: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, menargetkan pagelaran seni budaya Etnic Serumpun yang telah digelar beberapa pekan lalu, akan masuk ke dalam kalender even nasional.

Pernyataan tersebut diutarakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Faisal, S.Sos, M.Ap kepada RRI kamis pagi. Terangnya, untuk memenuhi persyaratan tersebut, even ini wajib dilaksanakan tiga kali berturut- turut.

"Menjadikan even dilirik nasional, itu ketentuannya harus dilakukan tiga kali berturut dengan biaya sendiri. Dan mereka juga mengecek apakah efeknya langsung manambah devisa negara atau daerah sendiri. Kalau iya, ini langsung masuk kalender top even nasional,” terang Faisal, Kamis (12/09/19).

Dia optimis hal ini akan terwujud, terlebih tanggapan pemerintah kota terhadap even tersebut sangat positif. Hal itu dibuktikan dengan adanya pernyataan dari Walikota Sabang, melalui sekertatis daerah, pada malam penutupan pagelaran seni budaya Etnic Serumpun melayu itu.

"Kalau dari Pemda seperti yang disampaikan pak Sekda pada malam penutupan, sangat merespon baik kegiatan kita, dan mereka akan berupaya kegiatan ini tetap ada, karena memberikan multi efek kepada masyarakat secara langsung. Seperti penginapan, rumah makan dan lainnya.”

Seperti diketahui, selain menampilkan sanggar dan band lokal Aceh, pagelaran seni budaya Etnic Serumpun dimaksud, juga menampilkan sanggar seni dan musik dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kalimantan.

Kedepannya kata Faisal, pihaknya akan berupaya menghadirkan lebih banyak lagi sanggar seni melayu dari luar Aceh, bahkan pihaknya juga berencana akan menghadirkan sanggar dari luar negeri yang memiliki budaya Melayu, seperti Malaysia, Brunei, Thailand dan Singapura. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00