• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Jemaah Haji Aceh Kloter 8 Tiba di Tanah Air, Dua Orang Harus Dirujuk ke RS

11 September
10:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 dini hari tadi  tiba di bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ), Rabu pada pukul 00.39 WIB. Jemaah haji kloter 8 ini mendarat dengan pesawat Garuda Indonesia di bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar. 

Setelah pesawat landing, para jamaah kemudian turun dari pesawat dan dijemput dengan menggunakan bus kemudian menuju ke asrama haji untuk mengurus pengembalian paspor dan pembagian air zam zam. 

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, Drs H M Daud Pakeh usai menjemput langsung jemaah kloter 8 di bandara SIM mengatakan, ada dua jemaah haji yang sakit dan harus mendapat rujukan ke rumah sakit di Banda Aceh.

"Alhamdulillah, jemaah haji kita dari kloter 8 mendarat di Bandara SIM, tadi jam 00.39 WIB. Ada dua jemaah kita yang harus dirujuk ke RSUZA," jelas Daud Pakeh, Rabu (11/9/2019).

Panitia kesehatan debarkasi Aceh, Dokter Maya Sofia mengatakan selain dua jemaah yang dirujuk ke RSUZA, 10 jemaah lain harus dirawat di klinik kesehatan asrama haji.

"Benar, dua jemaah kloter 8, Nuraini dan M Badri harus kita rujuk ke RSUZA untuk perawatan lanjutan. Yang lain, ada sepuluh orang yang kita rawat di klinik," kata dr. Maya.

Nuraini Ismail Chek (64 tahun) dirujuk ke RSUZA karena diagnosa mengidap kanker usus besar yang penyebarannya sampai ke organ perut. Nuraini sempat dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi dan Klinik Kesehatan Haji Indonesia.

Selain Nuraini, Muhammad Badri Ismail (55 tahun) yang didiagnosa hipertensi idiopatik dan kelebihan kadar gula darah (DM tipe 2) juga dirujuk ke RSUZA untuk menghilangkan jaringan mati dan membersihkan luka di kakinya dengan debridemen.

Jemaah kloter 8 yang berasal dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh tersebut lepas landas dari Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) jam 12.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Menurut Daud Pakeh, jemaah yang baru tiba sebanyak 392 orang, sudah termasuk lima petugas kloter dan tiga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dengan rincian 147 jemaah laki-laki dan 245 perempuan. 

Sebelumnya, kloter 8 berangkat ke Arab Saudi sejumlah 390 jemaah. Namun, ada dua jemaah dari kloter 12 yang mutasi masuk dan pulang bersama kloter ini, yaitu Muhammad Abdullah Diah dan Tihalimah Muhammad Yusuf dari Aceh Utara.

Sementara itu, humas PPPIH, M Nasril mengatakan bahwa sudah 3.122 jemaah haji yang tiba di Aceh, masing-masing 392 jemaah kloter 1, 388 jemaah dari kloter 2, 391 jemaah kloter 3, 388 jemaah dari kloter 4, 388 jemaah kloter 5, 392 jemaah kloter 6, 391 jemaah dari kloter 7 dan 392 jemaah kloter 8.

"Jemaah kita di Arab Saudi tinggal 4 kloter lagi dengan jumlah 1.530 orang, karena 14 orang telah meninggal dunia. Insya Allah, Kamis (11/9) dinihari besok, jemaah kloter 9 juga akan tiba di Aceh," jelas Nasril. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00