• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Nyak Sandang, Penyumbang Pesawat RI-001 Ingatkan Jaga Kemerdekaan Indonesia

17 August
16:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh: Nyak Sandang, Salah seorang penyumbang pesawat pertama Republik Indonesia (RI-001), mengingatkan semua kalangan, untuk mempertahankan kemerdekaan yang susah payah diraih para pejuang. Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di kediamannya Desa Lhuet, Aceh Jaya sabtu (17/8/2019).

“Semoga kemerdekaan ini bisa dijaga, diteruskan ke generasi berikutnya, dan diisi dengan hal-hal yang baik” ujar pria berusia 90 tahun tersebut. 

Nyak Sandang saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dalam kondisi sakit-sakitan, bersama istrinya Fatimah. Saat berusia 23 tahun, Nyak Sandang bersama orang tuanya menjual sepetak tanah dan emas, guna mendukung pembelian pesawat yang diberi nama Dakota RI-001 Seulawah. Pesawat inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Maskapai Garuda Indonesia. Tahun 2018 Nyak Sandang diundang oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Merdeka, Jakarta sebagai bentuk apresiasi atas kedermawanannya. 

Humas MRI Wilayah Aceh, Astri Maulida menyatakan, Semangat Nyak Sandang harus menjadi contoh bagi generasi muda. Menurut Atri bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuan, agar mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan persoalan bangsa. 

“jangan berharap kepada orang lain menyelesaikan persoalan, sepatutnya kita mulai dari pribadi sendiri dari hal terkecil sekalipun seperti saling membantu, peduli terhadap lingkungan, dan mengharumkan bangsa Indonesia di kancah internasional,” tutupnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00