• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

HUT RI di Aceh Besar Ziarahi Makam Pahlawan Nasional Tgk Chik Ditiro

17 August
14:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan upacara penghormatan kepada para pahlawan sekaligus ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional, Tgk Chik Ditiro, di Meureu, Kecamatan Indrapuri, Sabtu (17/8/2019) pagi.
Upacara penghormatan kepada pahlawan dengan Irup Wakil Bupati Aceh Besar dengan Komandan upacara Kapten Inf Bonar S, Danramil Indrapuri dimulai tepat pukul 07.00 WIB juga dikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, dan Muspika Indrapuri serta ahli waris Pahlawan nasional Tgk Chik Ditiro.
Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE, Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha SIK MSi, dan Kasdim 0101/ BS Letkol Inf Catur Hadi S menaburkan bunga secara bergantian di Makam Pahlawan Nasional Tgk Chik Ditiro.
Kemudian jajaran Forkopimda melakukan penghormatan dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab yang akrab disapa Waled Husaini sejenak mendoakan arwah para pahlawan kusuma bangsa tersebut mendapat ampunan dosa dan diterima dengan layak disisi Allah SWT.
Tgk H Husaini A Wahab dalam pesannya mengatakan, bahwa ziarah tersebut dilaksanakan dalam rangkaian detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. “Mari kita maknai ini sebagai pemicu semangat, tidak berhenti berjuang dalam bidang masing-masing dan seraya terus berdoa untuk diberikan kemakmuran Aceh Besar oleh Allah SWT,” ujarnya.
Dia menerangkan, kalau dulu para pahlawan berjuang merebut kemerdekaan, saat ini kita menjadikan semangat berbuat yang terbaik untuk kemajuan bangsa, negara, dan daerah. "Semangat kepahlawanan seperti cintai tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, suka menolong dan sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal untuk mengatasi berbagai masalah dan sekaligus memacu guna mewujudkan tujuan dan harapan bersama," pungkas Waled Husaini.
Pada kesempatan itu, Pemkab Aceh Besar menyerahkan bingkisan kepada tiga orang ahli waris Pahlawan Nasional Tgk Chik Ditiro. Wabup Aceh Besar berharap mereka dan kita semua yang masih hidup dapat berjuang untuk terus melanjutan semangat kepahlawanan Tgk Chik Ditiro dan pahlawan serta para pejuang lainnya.
Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir SSTP MPA kepada wartawan menjelaskan, dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI tahun 2019, berbagai kegiatan digelar oleh Pemkab Aceh Besar. Selain ziarah makam pahlawan nasional, Pemkab Aceh Besar juga telah digelar Pawai karnaval pada Jumat (16/8/2019) pagi, pengukuhan anggota Paskibraka pada Jumat (16/8/2019) malam. 
Pemkab Aceh Besar juga mengelar upacara bendera peringatan detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho, dengan inspektur upacara Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab pukul 10.00 WIB Sabtu (17/8/2019). 
"Insya Allah usai upacara bendera HUT ke 74 RI, Wabup Aceh Besar juga akan ke Lapas Jantho untuk menyerahkan remisi kepada narapidana yang diberikan Presiden Indonesia. Hari yang sama sore akan dilakukan penurunan bendera. Malamnya akan dilakukan resepsi di Rumah Dinas Wakil Bupati Aceh," demikian Muhajir SSTP MPA, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00