• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Tahapan Pemilu Telah Usai, Panitia Pemilu di Sabang RencanakanTanggal Pelantikan Dewan

14 August
13:40 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sabang: Tahap pemilu telah usai. Rapat pleno penetapan calon anggota legislatif terpilih pun telah digelar secara terbuka oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang selasa sore.

Ketua KIP Kota Sabang Azman saat diwawancarai RRI di kantor KIP setempat menerangkan, 20 calon anggota legislatif terpilih itu masih harus melewati satu tahapan akhir, sebelum akan dilantik pada 2 September 2019 mendatang.

"Ada dua tahanan lagi yang harus dipenuhi Caleg terpilih, yaitu SKCK dan pas photo. Karena SKCK berlakunya enam bulan. Nah SKCK yang diserahkan Caleg terpilih itu adalah SKCK saat mereka menjadi calon. Jadi sudah mati. Ini harus diperpanjang segera, karena hasil ini akan kami serahkan ke Walikota dan Gubernur, terang Azman, Rabu (14/08/19).

Adapun SKCK yang sudah pernah dilampirkan pada masa pencalonan dulu, sudah melewati batas aktif, sehingga harus dilakukankan perpanjangan masa aktifnya sesegera mungkin, guna percepatan penyelesaian syarat akhir untuk menduduki kursi dewan.

Tambahnya, secara keseluruhan pelaksanaan Pemilu di Kota Sabang ini tidak terjadi kendala yang berarti. Bahkan pengumuman dan penetapan calon anggota legislative terpilih pun masih sesuai dengan hasil perhitungan suara pada saat Pemilu 17 April 2019 lalu dan rekapitulasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Hal itu dipertertegas Ketua Pengawas Pemilihan (PANWASLIH) Kota Sabang Dasrul. Diakuinya, memang ada gugatan yang disampaikan oleh salah satu partai politik di Kota Sabang kepada Makamah Konstitusi atas ketidakpuasan terhadap hasil Pemilu di Kota Sabang, namun hal itu tidak menjadi sebuah permasalahan hingga tahap akhir ini.

“Pada umumnya Pemilu di Sabang berjalan kondusif, mulai dari awal hingga hari ini, menurut kami semua berjalan lancar, walaupun ada gugatan dari salah satu partai politik yang ada di Sabang ke MK, dan itu sudah diputuskan. Sehingga penetapan kursi tidak ada berubah dari hasil rekap,” tegas Dasrul.

Selaku pengawas Pemilu kata Dasrul, pihaknya menilai secara keseluruhan Pemilihan Umum serentak yang dilaksanakan di Kota Sabang berjalan kondusif, tanpa adanya gangguan dan pelanggaran yang berarti. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00