• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Sabang Pilot Project Program Peningkatan Kualitas KIG di Aceh

25 May
10:49 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sabang: Pembinaan kelompok informasi gampong tengah gencar- gencarnya dilakukan di Aceh. Kota Sabang ditetapkan sebagai pilot projec untuk Aceh dalam kegiatan ini.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf, B.HSc, MA dihadapan awak media. Dikatakaan, pembinaan kelompok informasi gampong perlu dilakukan perubahan, melalui bimbingan teknis aplikasi web gampong.id, aplikasi system informasi gampong dan jurnalis dasar.

”Tatacara pengelolaan dan pembinaan kelompok informasi gampong perlu dilakukan perubahan dengan melakukan pelatihan keterbukaan informasi kepada kelompok informasi gampong berupa bimbingan teknis aplikasi web gampong.id, aplikasi system informasi gampong dan jurnalis dasar. Kota Sabang sebagai pilot project program ini.” kata Marwan Nusuf, Jumat (24/05/19).

Dengan demikian kata Marwan, desiminasi informasi program pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/ kota dengan mudah tersampaikan kepada masyarakat desa.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh,  Drs. Bukhari, MM mengatakan, pendayagunaan dan pengembangan sumber daya desa merupakan bagian dari 15 program unggulan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Aceh tahun 2017-2022.

Salah satu target yang ingin dicapai melalui program system informasi Aceh terpadu (SIAT) adalah terciptanya pembangunan yang baik, terarah dan efektif melalui ketersediaan data yang akurat, terbuka, interpretable dan interoperable. Yang tersusun secara lebih terarah, objektif dan tepat sasaran percepatan penanggulangan kemiskinan” Terang Bukari.

Tambahnya, Tercipta gampong yang mandiri dan kemampuan dalam melihat berbagai potensi gampong yang nanti akan dikembangkan dan  dituangkan ke dalam suatu system informasi gampong (SIGAP), sehingga data dari tingkat provinsi dapat di update oleh gampong (top-down data) serta data dari gampong dapat juga digunakan provinsi (bottom-up data), ujar Bukhari. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00