• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

KIG Dituntut Mampu Memperkuat Website Gampong

24 May
11:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sabang: Sebagai corong informasi di suatu desa, Kelompok Informasi Gampong (KIG), dituntut mampu mengelola Website gampong, dalam penyajian informasi publik.

Harapan tersebut diutarakan kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kota Sabang Drs. Ridwan, MD saat diwawancarai RRI, usai kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama yang digelar pihaknya di Tugu Sabang Maroke, kota Sabang.

Dikatakan, di era digital ini, keterbukaan informasi semakin luas dan pesat. Untuk itu Kelompok Informasi Gampong (KIG) harus mampu mengelola Website secara mandiri.

"Harapan kita penguatan website gampong akn lebih baik, terutama dengan dukungan provinsi, Walikota, dan badan prencanaan, sehingga akurasi dalam hal program gampong, tidak lagi menyita waktu saat Musrenbang, kecuali ada yang beradu baru kita bahas. Intinya ini sangat membantu untuk pengembangan pemabangunan kota Sabang” ujar Ridwan, kamis (23/05/19).

Kata Ridwan, KIG memiliki fungsi mengumpulkan, mengolah, menginput dan menyampaikan informasi. Untuk itu, sudah selayakan KIG menjalin berekerjasama dengan Pemerintah Desa secara intens, untuk saling mendukung melaksanakan Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP), web gampong.id . 

Tambahnya, untuk peningkatan kualitas dan peran KIG, pihaknya  bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh, juga akan melaksanakan pelatihan bagi KIG, yang berlangsung mulai tanggal 25 -27 Mei 2019 esok.

Sementara itu Walikota Sabang Nazaruddin S.I.Kom dalam sambutannnya pada acara itu berharap, bimtek yang akan diberikan kepada Kelompok Informasi gampong pada 25- 27 Mei mendatang, akan mampu mencetak kader- kader KIG yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam hal pemberian informasi.

“Saya menyambut baik kegiatan ini. Karena selama ini sistem keterbukaan publik dituntut cepat. Begitu juga dalam hal ini percepatan web gampong. Mudah- mudahan dalam menyusun anggaran ke depan kita akan lebih cepat. Jadi saya berharap kepada peserta agar tekun mengikuti Bimtek nantinya” pinta Walikota.

Walikota mengatakan, sebagai mitra pemerintah gampong (desa), KIG  diharapkan dapat mengumpulkan dan mengolah data desa untuk kemudian di input ke  Aplikasi  Sistem Informasi Gampong yang telah tersedia.

Hadir pada ‌Silaturahmi yang mengakat tema “ Tingkatan Kualitas KIG Dengan Keterbukaan Informasi “ itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, dan dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sabang, serta sejumlah perwakilan dari gampong se- kota Sabang. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00