• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

Tingkat Penyalahgunaan Narkotika di Aceh Singkil Menurun

15 May
19:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil:  Selama empat bulan terkahir, yaitu bulan Januari s.d April 2019, penyalahgunaan Narkotika di Aceh Singkil mengalami penurunan.  Hal ini terungkap dari jumlah kasus Penyalahgunaan Narkotika yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Aceh Singkil.  Baik pengedar Narkotika maupun pengguna Narkotika di Kabupaten Aceh Singkil.

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Singkil, melalui Kepala Seksi Intelejen, Erwin Siregar SH, kepada RRI menjelaskan penyalahgunaan dan ketergantungan di Aceh Singkil tidak banyak.

“Sampai April 2019 hanya sekitar tiga perkara yang ditangani oleh pihak Kejaksaan.  Jumlah ini juga lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Erwin.

Erwin menghimbau agar dapat memberantas penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Aceh Singkil, masyarakat harus menjauhi narkotika.  Tidak hanya merugikan secara materi, narkotika berbahaya karena menimbulkan berbagai dampak buruk. 

“Tidak hanya berbahaya bagi tubuh, bahkan juga akan diancam hukuman pidana penjara, pembayaran denda, bahkan sampai pidana hukuman mati,” tegas Erwin.

Lebih lanjut Erwin Siregar mengatakan ada beberapa dampak buruk yang dapat ditimbulkan karena penggunaan narkotika, yaitu rusaknya susunan saraf-saraf pusat, rusaknya organ tubuh (hati, ginjal), timbul penyakit kulit; lemah fisik, moral, dan daya pikir; menimbulkan kecenderungan melakukan penyimpangan sosial seperti berbohong, penyimpangan seksual; timbul kegiatan/aktivitas kejahatan seperti mencuri, merampok, menodong, untuk membeli Narkotika.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00