• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

BMKG Sabang : Sabang masih berpotensi hujan dan angin dalam 2 hari kedepan

9 May
12:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sabang : BMKG Cot Ba’u Kota Sabang memperkirakan Sabang masih berpotesi di guyur hujan dalam 2 hari kedepan. BMKG Sabang menyebutkan, Berdasarkan data dan analisa parameter cuaca yang ada, pada tanggal 9 hingga 10 Mei 2019, Kondisi cuaca masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, Yang terjadi pada pagi dan malam hari.  Sementara Memasuki pada tanggal 11 Mei 2019, kondisi cuaca Sabang diperkirakan membaik yaitu berawan di pagi hari, sedangkan pada siang hingga malam hari didominasi oleh cerah berawan.  

Prakirawan Stamet Sabang Halomoan Nasution menyebutkan Untuk kecepatan angin diperkirakan akan berkisar antara di bawah 5-20 knot (10-40km/jam) yang di dominasi arah angin dari barat daya-barat.  

“Sedangkan untuk kondisi Tinggi gelombang perairan Sabang, Banda Aceh diperkirakan berkisar antara 1.0-2.0 m. Untuk perairan utara sabang,  gelombang dapat mencapai lebih dari 2.5m.’ Sebutnya Kamis (9/5/2019).

Halomoan menambahkan Penyebab hujan yang terjadi di Sabang dan sekitarnya yaitu dalam 2 hari terkahir, Disebabkan adanya penumpukan massa udara basah di perairan utara Sabang, Sehingga berpotensi dalam pertumbuhan awan konvektif (potensi hujan) yang cukup besar. 

“ dalam 2 hari terakhir ini ada penumpukan massa udara abash di perairan utara Sabang,  Sehingga muncul awan konvektif yang memicu hujan turun “ Tambahnya. 

BMKG juga mengingatkan masyarakat yang akan melakukan aktifitas di luar agar tetap waspada pada dampak angin kencang yang dapat merobohkan pohon dan patahnya dahan. 

Untuk beberapa ruas jalanan menuju lokasi wisata seperti Tanjakan Cot Murong, Tanjakan Semen Balohan, Krueng Raya dan beberapa titik lainnya agar diwaspadai potensi gerakan tanah longsor dan material lumpur yang berada di jalanan. (MT)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00