• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

Hidupkan Cerita Rakyat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh Singkil Gelar Lomba Cerita

23 April
18:34 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Singkil:   Dinas Perpustakaan  dan Arsip Kabupaten  Aceh Singkil menggelar Lomba Bercerita  Siswa-siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah, Tingkat Kabupaten  Aceh Singkil.  

Kegiatan/moment tahunan digelar di Aula Desa Gosong Telaga, Kecamatan  Singkil  Utara, Selasa (23/04/2019), yang diikuti oleh siswa/i kelas 4 dari 15 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah (MI) se Kabupaten  Aceh Singkil.   Empat peserta  dari SD/MI Kecamatan Singkil,  Empat peserta dari Singkil Utara,  enam peserta dari Gunung Meriah, dan satu orang dari Kecamatan Simpang Kanan.

Kepala  Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Singkil,  Darlin,  SP,  melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan  Perpustakaan,  Hasni Amilah Manik,  SPt,  kepada RRI menjelaskan kegiatan Lomba Cerita merupakan kegiatan tahunan.  Yang dilaksanakan untuk menghidupkan cerita-cerita rakyat, yang digali dan dikembangkan dari cerita masyarakat.  Sehingga muncul bakat-bakat baru di Aceh Singkil.  Hasni mengatakan Juara 1 akan diikutsertakan pada Lomba Cerita di Tingkat Provinsi Aceh pada bulan Juni 2019.

“Tahun ini untuk menghidupkan dongeng dan cerita rakyat, yang digali dan dikembangkan dari cerita-cerita masyarakat.  Mudah-mudahan ada bakat yang muncul.  Insya Allah pada bulan Juni akan kita pertandingkan lagi yang Juara 1 ke Tingkat Provinsi,” kata Hasni.

Pantauan RRI,  dalam Lomba Cerita dibagi dua babak.  Pertama,  babak penyisihan yang diikuti  15 orang peserta, dengan judul cerita: Nenek Gergasi. Kemudian dipilih enam orang untuk Lomba pada Babak Final, dengan judul Banta Beurensah.   

Lomba dinilai oleh tiga orang juri, dengan komponen penilaian yaitu: Ketepatan waktu, Penampilan, Penguasaan Materi dan Panggung.

Hasil penilaian Dewan Juri terhadap enam finalis, terpilih sebagai Juara 1 Farah Raisa Jannah dari SD Muhammadiyah Tulaan,   Juara 2 Aura Pradipta Noupa dari SD Negeri Gunung Meriah , dan Juara 3 Athaya Rathanita dari SD Negeri 1 Singkil.   

Kemudian Harapan 1 Rihatul Aisya dari SD Muhammadiyah Gunung Lagan , Harapan 2 Zharifah Rasyiah Putri dari SD Negeri 3 Singkil, dan Harapan 3 Nabila Afifah Salsabilah dari MIN Singkil.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00