• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

FISIP UIN Ar-Raniry Rumuskan Kurikulum Berbasis KKNI

23 April
16:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, terus berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa/i, dengan merumuskan kurikulum pembelajaran berbasis, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), untuk program studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Politik.  

Wakil dekan bidang Akademik dan Kelembagaan FISIP, Muhammad Thalal, Lc, M.Si, M.Ed menegaskan, penyusunan kurikulum berbasis KKNI, memiliki konsep kesesuaian antara bidang akademik dengan kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga menghasilkan lulusan yang siap kerja dan tidak menganggur.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012 disebutkan, KKNI adalah kerangka perjenjangan kualifikasi kompetensi, yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja, serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja, sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sector.

“Adapun, kurikulum KKNI terdiri atas empat unsur, yakni sikap dan tata nilai, kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, serta wewenang dan tanggung jawab. Meskipun kurikulum yang dirumuskan mengacu pada KKNI, sebagai perguruan tinggi berbasis keislaman, unsur agama tetap dimasukkan dalam proses pembelajaran, khususnya pada unsur sikap.” ujarnya (23/4/2019). 

Muhammad Thalal menjelaskan, pihaknya tidak hanya menggelar workshop kurikulum program studi yang mengacu pada KKNI, FISIP Uin Ar-Raniry juga telah menggelar berbagai studium general (kuliah umum) terkait penyatuan kompetensi peserta didik dengan dunia kerja, diantaranya kuliah umum yang digelar pada 22 April 2019, bertemakan Triple Helix Kemitraan Pemerintah, Universitas, dan Industri dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan menghadirkan Dr. M.R. Khairul Muluk, S.Sos., M.Si, selaku koordinator Departemen Konferensi, Seminar, dan Lokakarya Indonesia Association For Public Administration (IAPA).

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00