• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

KIP Kota Sabang, Distribusikan Logistik Pemilu dan Musnahkan Surat Suara Rusak dan Sisa

16 April
17:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sabang: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang, Selasa 16 April 2019, mulai melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2019, dengan target 104 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua kecamatan se-Kota Sabang.

Adapun pembagiannya meliputi Kecamatan Sukakarya 250 logistik dan untuk Kecamatan Sukajaya 270 logistik, yang diserahkan langsung kepada petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Demikian pernyataan dari Ketua KIP Kota Sabang Azman kepada awak media selasa pagi. Dikatakan, secara keseluruhan kondisi logistik Pemilu serentak 2019 di kota Sabang sudah dianggap lengkap dan hari ini akan di distribusikan keseluruh TPS.

“Yang ingin saya tekankan disini, kondisi logistic kita aman 100%, sudah bisa kita distribusikan hari ini ke 104 TPS secara berjenjang, tentunya dengan pengawalan baik dari KIP Sabang sendiri, Panwaslih, pihak Kepolisian dan pihak terkait lainnya,” kata Azman, selasa (16/04/19).

Sementara untuk logistic yang masih kurang, hingga selasa siang masih dalam perjalanan, dan direncanakan akan tiba di kota Sabang sore ini. namun demikian pukul 01.00 Wib dini hari tadi, pihaknya mendapat surat edaran dari KPU RI yang mengatakan apabila ada surat C1 Plano yang tidak berhologram, maka akan dibenarkan dengan tanda tangan Ketua dan di stempel basah. Namun bila mana surat suara dimaksud tiba di Sabang sore ini, maka surat C1 Plano yang tidak berhologram itu akan segera digantikan dengan yang lebih original.

Selain pendistribusian logistic pemiliu, pada waktu yang hampir bersamaan, KIP Sabang juga melakukan pemusnahan 1302 lembar surat yang rusak/ sisa dengan cara dibakar dihalaman kantor KIP Kota Sabang, dan disaksikan unsur Pemerintah Kota sabang, Kodim 0112 Sabang, Kepolisian Resort Sabang dan, Panitia Pengawas Pemilihan Kota Sabang, dan sejumlah wartawan.

“Surat suara rusak sudah ada penggantinya, terhadapa surat suara yang rusak dan surat suara yang lebih dikirim ke kita akan kita musnahkan hari ini dengan cara dibakar,” kata Azman.

Terangnya, surat suara rusak atau sisa Pemilu Presiden dan Wakil Preside berjumlah 93 lembar, surat suara rusak atau sisa Pemilu Anggota DPR RI berjumlah 184 lembar, surat suara rusak atau sisa Pemilu DPD RI sebanyak 87 lembar.

Sementara surat suara rusak atau sisa Pemilu Anggota DPRA berjumlah 221 lembar, surat suara rusak atau sisa Pemilu Anggota DPRK Dapil 1 sebanyak 123 lembar dan surat suara rusak atau sisa Pemilu Anggota DPRK Dapil 2 sebanyak 594 lembar, termasuk surat suara pengganti satu kotak yang masih utuh.

Adapun, surat suara yang dimusnahkan itu merupakan hasil temuan pada saat dilakukan proses sortir sebelumnya, guna menghindari kecurigaan, surat suara yang rusak/sisa tersebut dimusnahkan secara terbuka. RA

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00