• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

KIP Sabang sortir ulang surat suara yang nyasar ke KIP Banda Aceh

5 April
22:10 2019
5 Votes (5)

KBRN, Sabang : Komisi Independen Pemilihan Umum (KIP) Sabang Jum’at (5/4/2019) siang lakukan Penyortiran ulang terhadap 500 surat suara Kota Sabang, Yang ditemukan di KIP Banda Aceh. 

KIP Sabang bersama sejumlah unsur seperti Panwaslih, Kejaksaan dan Kepolisian dan uPerwakilan Parpol, dan Media Jum’at (5/4/2019) siang melakukan Sortir Ulang terhadap 500 Surat suara Pileg Dapil II Kota Sabang yang terbawa ke KIP Banda Aceh. Selain rekomendasi dari Panwaslih setempat, Hal ini juga dimaksudkan agar tidak timbula kecurigaan kecurangan dari Partai Politik. Penyortiran ulang dilaksanakan Jum’at siang di Aula KIP Setempat dan melibatkan sekitar 7 tenaga Sekretariat. Sebelum penyortiran sempat ada perdebatan dari Sejumlah partai dan Pihak penyelenggara Pemilu terkait Perlu tidaknya Penyortiran. Perwakilan partai menganggap hal ini merupakan ranah Panwas dan KIP, Sebagian lain berpendapat surat suara harus di sortir kembali. Namun Demikian berdasar kesepakatan penyortiran akhirnya berlangsung yang memakan waktu hampir 2 jam. Dari hasil Pernyortiran 448 lembar dinyatakan dalam baik, Sementara 7 lembar dinyatakan rusak, dan 45 lembar akan dilakukan pencermatan ulang bersama Panwas setempat. Menurut Ketua KIP Azman setelah melakukan Pencermatan baru dapat dilayangkan Laporan surat suara yang dinyatakan rusak secara keseluruhan.

“448 lembar dinyatakan kondisi baik, 7 lembar adalah surat suara Banda Aceh, tapi kita anggap itu rusak, karena kita anggap rusak ketika salah penulisan, Sementara 45 lembar ini kita akan lakukan pencermatan ulang, Setelah kami lakukan penceramatan bersama Panwaslih kita akan laporkan ssemuanya ke KIP Aceh” Ujar Azman Jum;at (5/4/2019).

Sementara Ketua Panwaslih Kota Sabang Dasrul Rinaldi mengungkapkan dengan Penyortiran ini diharapkan akan menghapus kecurigaan atas tibanya kembali 500 surat suara Kota yang terbawa oleh KIP Banda Aceh tersebut.

“ jangan ada curiga mencurigai disini, itu yang harus kami tegaskan. Karena semalam telah terjadi insiden walaupun itu kecil, Maka kami laporkan ke  Panwaslih Provinsi dan KIP Aceh , maka disepakati semalam untukita hadirkan parpol untuk menyaksikan penyortiran ini, dan nantinya kita buat berita acara penyaksian” ungkapnya.

KIP dan Panwaslih akan kembali mengumumkan Laporan Pencermatan 45 lembar surat suara setelah melakukan koordinasi untuk menjadi Laporan lengkap ke KIP Aceh. Ke 4 Sura suara yang dilakukan pencermatan sebagian besar memiliki bercak noda warna, Dan tulisan kabur (MT).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00