• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

HUT ke-72, Pasukan Brimob Polda Aceh Unjuk Kebolehan Tabuh Rapa'i

15 November
01:02 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : HUT Brimob ke-72 di Aceh berlangsung di halaman Mapolda Aceh di Banda Aceh, Selasa (14/11/2017) yang dimulai dengan apel upacara. Kapolda Aceh Irjen Polisi Rio Septianda Djambak bertindak sebagai inspektur upacara. 

Selain apel pasukan, ada berbagai atraksi pertunjukan untuk menghibur para tamu undangan yang berhadir. Salah satu atraksi yang menarik perhatian adalah pertunjukan tabuh Rapa'i yang dimainkan oleh pasukan Brimob Polda Aceh dengan nama Rambo Teratai.

Uniknya, rapai yang dimaikan oleh anggota Brimob ini terbuat dari bahan bekas yang didaur ulang, seperti tambo (Bedug) yang terbuat dari drum bekas. Pemain tabuh Rapa'i terdiri dari personel laki-laki dan yang membawa lagu (vokalis) personel perempuan. 

Para personel Brimob Polda Aceh ini tampak sangat terlatih. Mereka sangat serentak memainkan tabuh Rapa'i. Biasanya Rapa'i dimainkan oleh para seniman Aceh yang sudah memiliki keahlian khusus. 

Ada beberapa lagu yang dibawa oleh personel Brimob yang diiringi dengan tabuh Rapa'i, diantaranya lagu Tarek Pukat dan Pasang Jabet.

Pertujukan ini mendapat apresiasi dari Kapolda Aceh dan para tamu undangan. Selain pertunjukan rapai, ada juga pertujukan tarian yang dibawakan oleh ibu-ibu Bhayangkari. 

Usai menyaksikan pertunjukan dari personel Brimob, Kapolda Aceh Irjen Polisi Rio Septianda Djambak kepada wartawan mengatakan, peran Brimob Polri harus menjadi pasukan yang professional dalam menjalankan tugas untuk melindungi, mengayomi serta melayani masyarakat.

"Peran Brimob harus profesional dalam menjalankan tugas yang nantinya bermuara pada tugas pokok Polri yaitu melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat," kata Kapolda Aceh. 

Kapolda Aceh menambahkan, pihaknya juga telah mempersiapkan pasukan untuk mengamankan tiga daerah di Aceh yang melaksanakan pilkada serentak pada tahun 2018.

"Penempatan pasukan ini untuk mengamankan Pilkada agar berjalan sukses dan lancar. Sejauh ini tidak ada wilayah yang rawan untuk pelaksanaan Pilkada. Pada Pilkada lalu juga berlangsung aman dan sukses berjalan lancar. Namun demikian kita tetap melakukan antisipasi terhadap potensi gangguan Kamtibmas," pungkas Rio. Mj


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00