• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DikTekno

Dosen dan Wartawan Aceh diberi Peluang belajar Budaya di Mexico

30 September
21:01 2016
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Pemerintah Mexico melalui kedutaannya untuk Indonesia membuka peluang dan akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa, dosen dan pelaku media atau wartawan untuk melanjutkan pendidikan dan belajar budaya di Negara tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat penelitian dan Penerbitan UIN Ar-Raniry Dr Abdul Rani Usman, M.Si, di Ruang Kerjanya kampus UIN Ar-Raniry Darussalam, Jumat (30/9/2016).Menurutnya, informasi tersebut diperolehnya saat mengunjungi kediaman kedutaan Mexico untuk Indonesia di Jakarta kemarin.

Abdul Rani menjelaskan, informasi tersebut merupakan hasil pembicaannya dengan Head of Cultural Affairs, kedutaan Mexico untuk Indonesia, Atzimba  Luna Becerril saat mengunjungi kantor kedutaan.

Dalam pertemuan itu kata Rani, pemerintah Mexico menyampaikan bahwa akan memberikan beasiswa kepada anak Aceh baik program S1, S2 dan S3, dengan syarat harus mampu berbahasa Spanyol dan mendapatkan LOA dari profesor pada Universitas-universitas di Mexico.

Lebih lanjut, bagi dosen yang mampu bahasa Inggeris diberi kesempatan untuk meneliti dan visiting profesor selama 1 atau 3 bulan, biaya ditanggung pihak pemerintah Mexico.

Sedangkan bagi pelaku media dan wartawan juga diberikan peluang untuk mengkaji budaya Mexico dan mengajarkan budaya Indonesia di Mexico, juga berkesempatan bagi wartawan yang ingin meliput dan pertukaran budaya di dua Negara ini. 

“UIN Ar-Raniry telah melakukan kerja sama dengan beberapa universitas baik dalam maupun luar negeri, di antaranya kampus di Asia, Amerika dan saat ini akan terus dilakukan pengembangan kerja sama dengan kampus-kampus di Amerika latin baik pertukaran mahasiswa, dosen dan penelitian,” ujarnya.

Rani menambahkan, pihaknya siap memberikan informasi ini dan memfasilitasi untuk menindaklanjuti program-program yang dapat dilakukan kerja sama antara Aceh dengan kedutaan Mexico. (SA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00