• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Fraksi Nasdem gagal meraih satupun kursi pimpinan komisi di DPRD TTU

15 October
09:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Atambua : Pemilihan pimpinan komisi di DPRD Timor Tengah Utara Provinsi Nusa tenggara Timur telah selesai dilaksanakan di ruangan masing-masing komisi di DPRD TTU, Senin (15/10/2019).

Hasilnya, Fraksi Nasdem sebagai fraksi dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD TTU periode 2019-2024 dengan jumlah 8 kursi, gagal meraih satupun kursi pimpinan di 3 komisi di DPRD TTU.

Meskipun telah berusaha mengusulkan beberapa figur sebagai calon pimpinan komisi, namun hasilnya fraksi nasdem tetap tak mampu mengimbangi 6 fraksi lainnya dalam pemilihan pimpinan komisi yang dilakukan dengan sistem paket.

Kepada RRI, Ketua Fraksi Nasdem DPRD TTU, Paulinus Efi menuturkan, sebagai Fraksi mayoritas tentu pihaknya sangat berharap untuk dapat menduduki salah satu kursi pimpinan di komisi DPRD TTU.

Namun hasilnya, Fraksi Nasdem tidak mampu meraih satupun jabatan pimpinan di komisi lantaran komunikasi diantara 6 fraksi lainnya sudah terjalin dengan baik.

" bagi kami cukup satu komisi ya cukuplah. Tapi ternyata komunikasi di tingkat teman-teman fraksi lain ya mungkin sudah terlampau jauh maka kita  mengikuti saja iramanya." Ungkapnya

Paulinus menambahkan, sebagai ketua fraksi ia sangat berharap ada komunikasi yang baik antara ketua DPRD yang juga berasal dari partai Nasdem dengan dirinya untuk dapat melakukan lobi politik dengan Fraksi lainnya sehingga dapat memperoleh satu kursi pimpinan di komisi.

" harapan saya kemarin itu, kalau bisa pimpinan DPRD inilah kita percayakan untuk melakukan lobi-lobi atau kompromi-kompromi politik untuk kemudian kita bisa menempati posisi salah satu komisi, " ungkapnya

Paulinus mengaku kesal terhadap pimpinan DPRD dari Nasdem yang dinilainya tidak melakukan komunikasi politik secara tuntas sehingga menyebabkan gagalnya Fraksi Nasdem dalam meraih satupun jabatan di komisi.

Sementara itu Ketua DPRD TTU, Hendrikus Bana menjelaskan, tata cara pemilihan pimpinan komisi DPRD TTU berjalan normatif dan sudah dilaksanakan sesuai mekanisme serta peraturan yang berlaku.

Namun dari hasil pemilihan, terlihat jelas 6 Fraksi lainnya di luar fraksi Nasdem, lebih menguasai komposisi struktur pimpinan komisi yang sudah terpilih.


" perlu saya sampaikan terlebih dahulu bahwa di DPRD itu ada 7 fraksi dan yang sangat mendominasi disini adalah 6 fraksi itu bisa kita buktikan pada proses pemilihan. " ungkapnya

Hendrikus menegaskan, sebagai pimpinan DPRD TTU, dirinya tidak bisa berjalan di luar prosedur dan konstitusi.

" seluruh langkah tahapan konstitusi di atas segalanya tidak bisa di luar, jadi sebagai ketua DPRD tentunya prosedur ini yang saya junjung tinggi. " tegasnya.

Berdasarkan keputusan DPRD TTU, ketua komisi I ditempati oleh Carolus B. Sonbay (PDI-P/F-Ampera), wakil ketua Falentinus Manek (Partai Perindo/F-Indonesia Sejahtera), Sekertaris Servianus Sandi Sally (F-PKB).

Ketua Komisi II ditempati Agustinus Siki (F-PKB), Wakil Ketua Irenius F. Taolin (F-Hanura), Sekertaris Donatus D.G. Nurak ( Partai Demokrat/F-Ampera).

Sedangkan Ketua Komisi III ditempati Therensius Lazakar (F-Golkar), wakil ketua Marianus Lay Manek ( Partai Perindo/F-Indonesia Sejahtera), Sekertaris Fabianus One Alisiono (F-Gerindra).

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00