• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Lapas Ambon Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020

27 February
19:24 2020
1 Votes (5)

KBRN, Ambon:  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ambon,  menggelar Media Gathering, di ruang rapat lapas ini,  Kamis (27/2/2020) siang.

Kalapas Kelas II A Ambon, Saiful Sahri berharap, Media Gathering yang dilaksanakan secara nasional, dapat menjadi sebuah ruang kolaborasi antara lembaga pemasyarakatan dengan media , dalam mendukung resolusi pemasyarakatan Tahun 2020. 

"Dengan kolaborasi kita bersama dengan media, dapat mendukung resolusi pemasyarakatan," ucap Saiful.

Dalam Kegiatan Media Gathering,  dilakukan vidioconference bersama Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Sri Puguh Budi Utami, sebelum ia dilantik menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Kabalitbang Kumham).

Saiful mengatakan, pihaknya mendukung resolusi pemasyarakatan, Namun, penerapan resolusi ini perlu kerja sama dengan  stakeholder.

Saiful memaparkan 15 point resolusi 2020. Ada Delapan point yang saat ini sudah dilaksanakan Lapas Kelas II A Ambon, diantaranya  peningkatan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), melakukan rehabilitasi kepada ratusan warga binaan atau narapidana kasus narkotika, mengembangkan produksi pertanian berupa sayuran dan jagung. Untuk pengembangan pertanian, sudah digarap lahan kosong seluas 1 hektar lebih di lingkungan lapas.Hasil pertanian akan didorong  bernilai ekonomis. Pastinya, selain memberdayakan, narapidana juga ikut sejahtera.

"Jadi, dari hasil pelatihan kemandirian  bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat   untuk kesejaheraan narapidana,  karena mereka bisa punya penghasilan sendiri. Hasil  kemandirian itu juga dapat setor ke kas negara,"tandasnya

Saiful mengakui, langkah mewujudkan  15 point resolusi 2020, memang bukan hal yang mudah, karena harus dilakukan melalui  pendekatan persuasif.  

“Kita mendengar langsung masukan-masukan dari  narapidana untuk perbaikan. Saya selalu ajak mereka, ayo kita sama-sama saling terbuka apa yang menjadi keluhan, kita perbaiki,"cetusnya
 
Selain itu, pihak Lapas Kelas II A Ambon, menggandeng  Kementerian Agama untuk melakukan kegiatan keagamaan narapidana.

“Ada pengajian maupun ceramah-ceramah yang dilakukan oleh Ustadz kepada narapidana beragama Muslim, serta kita hadirkan pendeta untuk memberikan penguatan bagi narapidana non Muslim. Harapannya,akan timbul rasa perbaikan budi pekerti  masing-masing narapidana,”tutupnya (SS)


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00