• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPJAMSOSTEK Maluku Tanggung Semua Biaya Pengobatan Korban Sengatan Listrik di Passo

21 February
18:00 2020

KBRN:Ambon-Sebagai Aksi Cepat Tanggap dalam melayani peserta, BPJAMSOSTEK Cabang Maluku langsung menjemput bola dengan menjenguk salah satu peserta BPJAMSOSTEK atas nama Ikhsan Latuconssina yang mengalami kecelakaan kerja saat bekerja memperbaiki jaringan listrik di daerah Passo-Kota Ambon, yang saat ini tengah di rawat di RSUD Haulussy Ambon. 

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Maluku, Alias Muin menjelaskan program aksi cepat tanggap ini telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu. Meskipun BPJAMSOSTEK bukanlah istansi yang menangani pelayanan medis, namun sebagai instansi yang melindungi para pekerja dalam program jaminan kecelakan kerja dan jaminan kematian, sehingga pihaknya harus memastikan pelayanan kesehatan yang diterima pesertanya sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Sekarang kita adanya unit layanan cepat BPJAMSOSTEK,setiap ada kecelakaan kerja kita hadir disitu untuk memastikan pelayanaan yang di dapat. Tadi kami cek, ruang perawatan di klas satu, semoga secepatnya pihak RSUD Haulussy Ambon memberikan layanan terbaik kepada pasien," jelas Muin, Jumat 21/02/2020.

Dikatakan, dalam aksi cepat tanggap ini, selain untuk memastikan pelayanan yang diperoleh peserta, juga untuk menjelaskan kepada pihak keluarga terkait biaya perawatan yang ditanggung BPJAMSOSTEK secara full hingga peserta tersebut dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah. Apabila terjadi kecacatan maka pihaknya juga akan memberikan santunan. 

" Kami turut prihatin atas musiba yang menimpah salah peserta BPJAMSOSTEK atas nama Ikhsan Latuconssina, yang mengelami kecelakaan kerja saat menjalankan tugasnya sebagai petugas perbaikan jaringan listrik di daerah Passo Kota Ambon. Sekarang sudah di tangani tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah Haulusssi Ambon. Dari BPJAMASOSTEK kami sampaikan ke keluarga bahwa jangan khawatir terkait biaya karena kami akan menanggung hingga sembuh. Kalo ada cacat akan ada santunan juga, namun kita tidak mengharapkan itu terjadi,"ungkapnya. 

Menurutnya, guna memastikan pelayanan kesehatan sesuai aturan yang berlaku kepada peserta BPJAMSOSTEK, pihaknya telah membentuk tim khsusus yang akan selalu berkoordinasi dengab pihak RS untuk memastikan peserta mendapatkan hak haknya. 

"Kami memang bukan instansi yang melakukan penangan medis, namun kita ingin memastikan para peserta mendapatkan hak hak sesuai yang seharusnya. Kami sudah kerjasama dengan semua rumah sakit yang ada di Maluku,"tutup Muin.

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

00:00:00 / 00:00:00