• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPJAMSOSTEK Maluku Kembali Serahkan Santunan Kematian kepada Petugas Kebersihan Kota Ambon di HPSN 2020

21 February
15:04 2020
1 Votes (1)

KBRN: Ambon- Bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, BPJAMSOSTEK Cabang Maluku menyerahkan Santunan Kematian kategori bukan kecelakan kerja kepada ahli waris salah satu petugas pada Dinas Kebersihan dan Persampahan Kota Ambon, yang merupakan peserta BPJAMSOSTEK dan dilindungi dalam dua program yaitu Kecelakaan Kerja dan Kematian. 

Wali Kota Ambon, Rhicard Louhenapessy mengaku langkah yang dilakukan BPJAMSOSTEK Maluku merupakan hal yang edukatif sebagai penghargaan bagi nilai-nilai kehidupan. Hal itu sangat membantu pihak keluarga almarhum karena meringankan bebena kehidulan sehari hari, terlebih karena santunan yang diberikan berupa santunan kematian dan beasiswa anak senilai Rp 174 juta.

"Saya rasa itu hal yang sangat edukatif. Kita tau itu penghargaan bagi nilai nilai kehidupan. Kita mulai dengan pekerja pekerja buru, tukang ojek dan sopir, kita dorong semua, karna kita tidak tahu kapan musiba itu datang. Selain santunan juga diberikan beasiswa kepada dua anak mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi dengan total 174 juta,"ungkap Walkot kepada wartawan usai memimpin acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Pantai Rumah Tiga, Poka- Kota Ambon, Jumat (21/02/2020).

Menurut Walkot, semua petugas kebersihan Kota Ambon telah didaftarkan ke program perlindungan ini, karena mereka rentan terhadap resiko kerja. 

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Maluku, Alias Muin menjelaskan, bertepatan dengan peringatan HPSN 2020 ini, pihaknya menyerahkan santunan kematiab bukan kecelakan kerja kepada ahli waris salah satu petugas kebersihan Kota Ambon dengan total santunan Rp 42 juta dan beasiswa kepada dua orang anak berjumlah Rp 174 juta, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. 

"Selain manfaat kematian juga diberikan beasiswa untuk dua anaknya mulai dari TK-PT dengan total maksimal Rp174 juta. Jadi BPJAMSOSTEK akan berikan beasiswa kepada kedua anaknya, dengan rincian saat di Taman Kanak kanak (TK) hingga SD akan diberikan beasiswa sebasar  Rp 1,5 juta rupiah per tahun selama 8 tahun,  TK 2 tahun dan  SD 6 tahun. Tingkat SMP akan diberikan dua juta per tahun,  SMA  tiga juta per tahun selama 3 tahun dan Perguruan Tinggi sebesar Rp12 juta per tahun, selama kurun waktu maksimal 5 tahun. Jadi kalo ditotalkan itu sekitar Rp174 juta yang sebelumnya hanya 12 juta per satu org anak. Ini manfaatnya luar biasa,"jelas Muin. 

Saat ini kata Muin, seluruh petugas kebersihan Kota Ambon telah tercover ke dalam program BPJAMSOSTEK. Pada bulan Februari ini kembali di daftarkan hampir 300 orang baik petugas kebersihan maupun pegawai kontrak pada Dinas Kebersihan dan Persampahan Kota Ambon, sehingga totalya sekitar 800 orang yang terdaftar.

"Bulan February ini kembali di daftarkan hampir 300 orang baik petugas kebersihan maupun pegawai kontrak pada Dinas Kebersihan dan Persampahan Kota Ambon, sehingga totalnya sekitar 800 orang yang masuk di program ini,"tururnya.

Sebagai informasi, pada akhir Januari 2020, BPJAMSOSTEK Cabang Maluku juga menyerahkan santunan kematian bukan kecelakaan kerja kepada ahli waris dari dua petugas kebersihan Kota Ambon dengan masing -masing sebesar Rp 42 juta rupiah. 

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00