• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Wisata dan Budaya

Pattinama: Kabupaten Kota Harus Bersinergi Bangun Pariwisata

20 February
23:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bula : Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Marcus J. Pattinama meminta Dinas Pariwisata Kabupaten Kota bersinergi untuk membangun pariwisata. Permintaan itu disampaikan Pattinama kepada RRI di Bula, di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Pariwisata Tingkat Provinsi Maluku di Aula Serbaguna Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), 19 – 20 Februari 2020.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata se- Provinsi Maluku, masing-masing kabupaten kota mempresentasikan objek-objek wisata unggulan. Objek-objek wisata itu diajukan ke Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pariwisata untuk diintegrasikan dalam konsep pembangunan pariwisata yang konfrehensif, sesuai dengan rencana induk pembangunan wisata Maluku.

“Kerja-kerja dinas, apa pun itu, harus mengacu pada visi misi gubernur dan wakil gubernur. Jadi, saya setelah diminta menjadi kadis, hal pertama yang saya kerjakan adalah koordinasi dan kolaborasi agar bisa bersinergi. Kalau tadak ada koordinasi dan kolaborasi dengan kabupaten kota, hasilnya  akan berantakan,” tegas Pattinama.

Diakui Pattinama, masing-masing kabupaten kota memiliki konsep pengembangan pariwisata yang berbeda, karena disesuaikan dengan visi misi bupati walikota. Karena itu, koordinasi dan kolaborasi antara kabupaten kota penting dilakukan, untuk mendapatkan konsep pengembangan pariwisata yang terpadu dan integratif.

“Jadi kita dari provinsi hanya mengkoordinasikan dan mengkolaborasikan semua potensi wisata yang ada di daerah. Kita punya banyak potensi, ada wisata alam, bahari, kuliner, sejarah, budaya dan lain sebagainya. Ini sangat menjanjikan kesejahteraan masyarakat, tetapi kalau programnya tidak terarah akan berantakan,” demikian Pattinama. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

00:00:00 / 00:00:00