• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Wisata dan Budaya

Buka Rakor Pembangunan Pariwisata Maluku 2020, Keliobas Ungkap Problem Pariwisata di SBT

19 February
18:20 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bula : Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku Abdul Mukti Keliobas membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Pariwisata Provinsi Maluku Tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan Kabupaten SBT, Rabu, (19/02/2020) pagi.

Rakor yang dihadiri para Kepala Dinas Pariwisata dari 11 Kabupaten dan Kota se-Maluku itu membahas perencanaan kegiatan pembangunan Pariwisata yang akan dilakukan di masing-masing daerah.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Syarif Makmur, Bupati Abdul Mukti Keliobas menyambut baik kegiatan rakor tersebut.

Dia berharap rakor tersebut dapat merumuskan kebijakan-kebijakan strategis terkait pembangunan pariwisata di Maluku khususnya di Kabupaten SBT.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten SBT mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah memberi kepercayaan kepada kami untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata di Kabupaten SBT ini,” kata Keliobas dalam sambutannya.

Menurut Keliobas, SBT termasuk salah satu Kabupaten di Maluku yang masih memiliki sejumlah permasalahan dalam pembangunan pariwisata, salah satu permasalahan utama adalah konektivitas antar wilayah.

“Permasalahan konektivitas dan akomodasi yang belum merata," ungkap Keliobas.

Keliobas mengatakan membangun konektivitas diperlukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemudahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten SBT.

Selama ini lanjutnya, Pemerintah Daerah sudah berupaya memperbesar arus masuk wisatawan melalui promosi langsung maupun tidak langsung, peningkatan sarana dan prasarana, maupun memperbanyak event pariwisata, hanya saja masih terhambat karena masalah konektivitas yang belum membaik.

“Pemerintah Daerah terus berupaya memperbesar arus masuk wisatawan melalui promosi langsung maupun tidak langsung, perbaikan objek wisata, peningkatan sarana dan prasarana, maupun memperbanyak event pariwisata,” lanjutnya

Menurut Keliobas, masalah konektivitas ini harus menjadi perhatian bersama dan harus ada strategi pembangunan untuk mengatasinya.

Karena itu , Ia berharap melalui rakor tersebut dapat dicetuskan kebijakan yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pembangunan pariwisata di Kabupaten dan Kota di Maluku terutama di Kabupaten SBT.     

00:00:00 / 00:00:00