• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Potensi SAR di Ambon Jalani Pelatihan di Hutan

18 February
20:05 2020
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Upaya mendukung program 10 ribu potensi SAR di seluruh tanah air. Sebanyak 50 potensi SAR di Ambon diberi pelatihan pencarian dan pertolongan di hutan dan gunung (jungle rescue). 

Potensi SAR yang terdiri dari unsur TNI, Polri, instansi pemerintah, mahasiswa pecinta alam, PMI maupun Tagana selama enam hari dilatih kemampuan dan ketrampilannya dalam mendukung operasi pencarian dan pertolongan di hutan dan gunung. 

"Program 10 ribu potensi SAR merupakan amanat Presiden Joko Widodo mengingat tingginya angka kecelakaan di laut dan darat akhir-akhir ini. 43 Kantor SAR seindonesia akan melaksanakan kegiatan serupa. Setelah fokus pelatihan di gunung dan hutan, akan dilanjutkan dengan pelatihan pencarian dan pertolongan di laut," kata Kepala Pusdatin Basarnas, Marsma TNI Amirullah usai membuka pelatihan jungle rescue, di Aula LPMP Maluku, Selasa (18/2/2020). 

Menurut Amirullah, dari data kecelakaan laut dan darat Basarnas, lokasi wisata bahari menjadi salah satu penyumbang angka kecelakaan laut. Maluku yang dikenal sebagai negeri seribu pulau, dan memiliki pesona wisata bahari perlu menyiapkan unsur potensi SAR. 

"Maluku masuk 10 wilayah yang dikenal dengan wisata bahari. Ini perlu dipersiapkan unsur SAR nya," ujarnya 

Keterbatasan armada pendukung SAR di hampir semua daerah, membuat Basarnas harus menggandeng instansi lain, seperti Bakamla, TNI AL, Polairud maupun pemerintah daerah guna mendukung operasi pencarian dan pertolongan. 

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin menuturkan, 50 potensi SAR yang ikut dalam pelatihan jungle rescue, dilatih di kawasan Gunung Nona, yang merupakan kawasan pegunungan di Kota Ambon. 

Upaya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan, kata Muslimin juga masuk dalam materi pelatihan. 

"50 personil ini latihannya di Gunung Nona. Termasuk juga penanganan Karhutla diajarkan juga," tandasnya.

Pelaksanaan pelatihan potensi SAR diharapkan dapat mendukung tugas Basarnas dalam menangani kecelakaan di darat dan laut. 

00:00:00 / 00:00:00