• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Wisata dan Budaya

Kepala Dinas Pariwisata se-Maluku Gelar Rakor di SBT

18 February
07:43 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bula : Kepala Dinas Pariwisata dari 11 Kabupaten dan Kota se-Maluku akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Kabupaten Seram Bagian Timur pada 19 sampai 20 Februari 2020.

Rakor tersebut merupakan pertemuan tahunan yang diadakan untuk membahas perencanaan kegiatan pengembangan pariwisata di Maluku.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten SBT Zainal Arifin Vanath mengatakan rakor tersebut tidak hanya menjadi forum silaturahmi dan komunikasi, tetapi juga wadah mensinergikan program pembangunan pariwisata secara keseluruhan.

Dalam rakor tersebut Dinas Pariwisata masing-masing Kabupaten dan Kota akan diminta memaparkan tentang pengembangan dan pembangunan pariwisata yang sudah, sedang dan akan dilakukan.

Sebagai Tuan Rumah, kesempatan itu kata Zainal, akan dimanfaatkan untuk menyampaikan pengembangan dan pembangunan pariwisata yang sudah dilakukan di Kabupaten SBT maupun kendala-kendala yang tengah dihadapi.

" Kita menyampaikan kondisi ril selama ini apa yang telah dilakukan Pemda SBT melalui APBD kabupaten. Apa yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Dana DAK, pembangunan apa saja dan apa yang telah diberikan Pemerintah Provinsi. Walaupun selama ini kita tau belum banyak juga yang diberikan Pemerintah Provinsi," kata Zainal kepada Wartawan di Bula senin,(17/02/2020).

" Mungkin lewat kesempatan ini kita akan menyampaikan unek-unek kita soal pengembangan pariwisata di Kabupaten SBT," tambahnya.

Zainal mengatakan dalam kesempatan tersebut pihaknya juga akan menyampaikan sejumlah usulan prioritas pembangunan pariwisata Kabupaten SBT untuk diakomodir dalam perencanaan Dinas Pariwisata Provinsi maupun Kementerian Pariwisata kedepan.

Usulan-usulan itu kata Zainal meliputi pengembangan objek-objek wisata yang memerlukan anggaran besar serta pengembangan yang berkelanjutan.

" Rapat ini rumusan akhirnya itu nanti ada usulan-usulan prioritas masing-masing kabupaten kota yang akan dijadikan sebagai bahan dari Dinas Pariwisata Provinsi. Usulan kita itu nanti akan sama dengan yang sudah kita sampaikan saat kunjungan Gubernur kemarin. Mungkin di tingkat Provinsi bisa di  Musrenbang mereka bisa kolaborasikan di situ terus sebagian mungkin angkanya terlalu besar bisa alihkan ke Kementerian Pariwisata atau Kementerian PDT juga bisa," jelasnya.

Selain itu, Zainal menambahkan, pihaknya juga akan memanfaatkan pertemuan para pengambil kebijakan di bidang pariwisata itu untuk mempromosikan potensi daerah khususnya yang bertalian dengan pariwisata seperti promosi produk-produk ekonomi kreatif.

Menurut Zainal, beberapa produk ekonomi kreatif akan ditampilkan yang merupakan hasil kreasi kelompok-kelompok usaha dibawah binaan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Koperindag dan UKM.

“ Kita sudah koordinasikan untuk nanti produk –produk ekonomi kreatif  kita tampilkan dalam rapat itu,” kata Zainal.

Dia mengatakan melalui promosi itu diharapkan produk-produk ekonomi kreatif dari SBT semakin dikenal luas dan kedepan Kementerian Pariwisiata dan Ekonomi Kreatif dapat memperhatikan pengembangannya agar lebih berkembang dan maju.

“Kita harapkan dengan kita tampilkan Kementerian Pariwisata dan ekeonomi kreatif bisa memperhatikan pengembangan kedepan,” harap Zainal.

00:00:00 / 00:00:00