• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tahun Ini Tak Ada Pilkades Di SBT

17 February
21:27 2020

KBRN, Bula : Agenda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak jilid II di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang dijadwalkan digelar dalam tahun ini sepertinya batal terlaksana. Pemerintah melalui Kemendagri telah mengeluarkan surat edaran perihal larangan melaksanakan pelantikan maupun Pilkades bagi kab/kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini.

“Sudah ada edaran dari Kemendagri. Kabupaten atau Kota yang berhajat Pilkada di tahun ini dilarang melaksanakan pelantikan maupun Pilkades,” ungkap Ketua Komisi A DPRD SBT, M. Umar Gassam kepada Radio Republik Indonesia di Bula, Senin (17/02).

Semula Pemda dan DPRD memiliki keinginan kuat untuk melaksanakan Pilkades serentak jilid II dalam tahun ini. Melalui APBD 2020 juga telah dialokasi anggaran untuk pelaksanaan agenda dimaksud. Akan tetapi lantaran keluarnya edaran tersebut, Pilkades baru bisa dilaksanakan setelah Pilkada Usai. Sesuai jadwal, Pilkada serentak 2020 dihelat pada 23 september mendatanag.

Itu artinya hanya tersisa waktu tidak lebih dari satu bulan memasuki akhir tahun. Sisa waktu tersebut menurut politisi Partai Gerindra ini sangat tidak efektif bagi Pemda dalam menyiapkan berbagai keperluan terkait agenda pelaksanaan Pilkades dimaksud.

Sebelumnya Bupati Abdul Mukti Keliobas pada awal Januari lalu menginstruksikan Dinas PMD untuk menyiapkan proses dan tahapan Pikades serentak jilid II. Keliobas bahkan menargetkan minimal 40 sampai 60% dari desa-desa dijabat karteker sudah terpilih kepala desa divinitif dalam tahun ini. Akan tetapi instruksi tersebut belum bisa ditindaklanjuti mengingat saat itu APBD masih dalam tahap evaluasi di Pemerintahan Pemprov. Maluku. (YSN)

00:00:00 / 00:00:00