• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Generasi Milenial di Ambon Ikut Sosialisasi QRIS dan Beasiswa Bank Indonesia

17 February
12:57 2020

KBRN, Ambon:   Bank Indonesia  Pusat melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia  (KPw BI) Provinsi  Maluku, terus melaksanakan sosialisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Sosialisasi kali ini kepada kalangan siswa dan mahasiswa   di  Kota Ambon. Sosialisasi  berlangsung  di Santika Hotel, Senin (17/2/2020) pagi.

" Sosialisasi penggunaan  aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS). Siswa yang kita ajak dari SMK 5 dan SMK 7 Ambon. Untuk mahasiswa dari IAIN Ambon, UKIM  dan Unpatti Ambon. Jumlah yang hadir capai  600  lebih,"jelas Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang usai membuka kegiatan tersebut.

Duakui Manullang,  penggunaan sistem ini, bertujuan memberikan kemudahan bertransaksi pembayaran masyarakat. Apalagi, masyarakat umum sekarang sudah tahu pembayaran di ritel ada uang elektronik, berbasis kartu, juga pembayaran dengan QR Code lebih simpel, hanya men-scan QR di merchant sudah masuk tinggal masukkan nilainya langsung.

"Nantinya dengan satu barcode saja bisa digunakan untuk membayar di berbagai uang elektronik. Sehingga manfaat yang didapat masyarakat tidak perlu menyiapkan uang kecil, transaksinya  pas dan dijamin bebas dari uang palsu,"ujar Manullang

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada adik-adik milenial siswa dan   mahasiswa, karena   menunjukkan semangat dalam mendukung tugas  Bank Indonesia  dibidang sistem pembayaran. 

SOSIALISASI BEASISWA

Dalam  kesempatan yang sama, disampaikan juga sosialisasi Program Beasiswa Bank Indonesia, ditujukan untuk mahasiswa  program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Statistika dan sebagainya.

" Bank Indonesia  memiliki program beasiswa. Beasiswa ini dalam upaya ikut mendorong peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi, kualitas indeks pembangunan manusia, serta daya saing bangsa sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan,"paparnya.

Selain beasiswa untuk mendukung biaya pendidikan, terang Manullang, Bank Indonesia turut mewadahi para penerima beasiswa tersebut, dalam suatu komunitas yang diberi nama Generasi Baru Indonesia (GenBI). 

Program pembinaan GenBI meliputi program pengembangan karakter, kepemimpinan (leadership) dan kompetensi individu untuk mewujudkan generasi muda unggul dan berdaya saing.(SS)

  • Tentang Penulis

    Syahirah Sangadji

    Jurnalis Radio

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

00:00:00 / 00:00:00