• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PSK Eks Tanjung Batumerah Diduga Hengkang ke Bula, Warga Mulai Resah

14 February
14:55 2020

KBRN, Bula : Sejumlah Pekerja Seks Komersial (PSK) eks Tanjung Batumerah Kota Ambon dilaporkan telah hengkang ke Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Mereka diduga kuat telah berada di Kota Bula beberapa hari lalu, menyusul ditutupnya bisnis prostitusi di Lokalisasi Tanjung Batumerah.

Informasi yang dihimpun RRI dari salah satu sopir pangkalan Bula - Ambon yang tak mau namanya disebut terungkap, dua dari sembilan PSK eks Tanjung yang memilih eksodus ke Bula dengan tiga buah mobil beberapa hari lalu terjaring di Pelabuhan Hunimua.

"Dong pake tiga mobil, beta bawa empat orang, teman yang satu bawa tiga orang. Dua orang yang tertangkap itu naik mobil lain, dong dapa tahu mau ke Bula lalu ditahan oleh petugas," ujar sang sopir yang rumahnya bersebelahan dengan Lokalisasi Tanjung Batumerah.

Ditambahkan sang sopir, salah satu mucikari kenamaan di eks Tanjung Batumerah diketahui sebelumnya telah berada di Kota Bula untuk satu urusan. Namun masyarakat akan sulit membedakan mereka dari perempuan kebanyakan karena mereka juga menggunakan hijab atau penutup kepala.

Diduga, mereka yang memilih eksodus ke Bula adalah sebagian dari 18 PSK yang menghilang sebelum penutupan Lokalisasi Tanjung pada 6 Februari 2020. Mereka diyakini enggan kembali ke kampung halaman meski ada bantuan pemberdayaan dari pemerintah.

Saat ini, isu tentang keberadaan PSK eks Tanjung Batumerah ke Kota Bula telah menyebar luas melalui media sosial. Mayoritas warga net memandang negatif kehadiran mereka di Bula, namun ada beberapa yang tidak keberatan mereka ke Bula dengan dalih kemanusiaan dan ekonomi.

Mereka yang menolak dengan tegas meminta pemerintah daerah tidak mengizinkan bisnis prostitusi di Bula demi untuk kemaslahatan hidup orang banyak dan juga agar Negeri Ita Wotu Nusa bebas dari ancaman virus HIV/ AIDS. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

00:00:00 / 00:00:00