• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Stok Obat di RSUD Bula Minim

14 February
12:43 2020

KBRN, Bula : Stok obat-obatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku saat ini minim. Diprediksi stok obat yang ada hanya bertahan untuk pemakaian  sampai bulan juni atau juli tahun ini.

"Yang kami khawatirkan stok obat dengan anggaran yang ada hanya cukup sampai sekitar bulan enam atau tujuh. kata Direktur RSUD Bula Dr. Linggar Sukaringtyas kepada wartawan belum lama ini".

Menurut Dia, minimnya stok obat disebabkan karena pengadaannya yang terbatas akibat dari minimnya anggaran.

"Tahun lalu itu di angka 3 Milyar. Tahun ini dianggarkan 1,2 milyar. Iya turun karena kita semua tahu bahwa anggaran semua dinas hampir turun. Karena kita juga ada hajatan politik tahun ini,” jelasnya.

Linggar menambahkan, sejauh ini obat-obatan yang diperlukan dokter spesialis masih bisa dipenuhi. Namun seiring peningkatan kasus penyakit di awal tahun, maka perlu ada upaya antisipasi agar stok obat tetap aman hingga akhir tahun.

" Sejauh ini masih aman. Apa-apa yang diperlukan oleh dokter spesialis masih bisa dipenuhi. Tapi kan kita bulan ini saja sudah ada dua kasus gizi buruk yang kita tangani,” ujarnya.

Nantinya perkembangan ketersediaan obat di RSUD Bula kata Linggar ,dilaporkan ke Bupati selaku pemilik rumah sakit agar ketika terjadi kekosongan dapat langsung diatasi terutama kesiapan dana untuk melakukan pengadaan obat yang diperlukan.

"Perkembangannya akan kita laporkan ke Pak Bupati selaku pemilik rumah sakit. Apa-apa yang diperlukan. Jangan sampai masyarakat tidak mendapatkan haknya. Pasti ada kebijakan dari beliau dan nanti apakah ada dianggarkan di APBD perubahan atau seperti apa itu nanti kebijakan beliau," tuturnya.

00:00:00 / 00:00:00