• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Wabah Corona, Ekspor Maluku Ikut Berdampak

13 February
20:29 2020

KBRN, Ambon : Merebaknya novel coronavirus di Wuhan China sebulan belakangan ini ikut berpengaruh pada aktivitas ekspor Maluku ke negara tirai bambu itu.

Meski belum ada kebijakan larangan ekspor ke China dari Pemerintah Indonesia. Ekspor ikan ke China terkena imbas, karena adanya penutupan penerbangan ke China. 

Kepala Kanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang menjelaskan, wabah novel coronavirus tidak membawa dampak signifikan untuk ekspor Maluku. Karena di Maluku belum ada ekspor langsung, ekspor masih dilakukan melalui Surabaya maupun Jakarta. 

"Memang dampaknya tidak signifikan. Tapi konsekwensinya tetap ada. Meskipun tidak begitu berpengaruh," ujarnya kepada RRI, Kamis (13/2/2020).

Konsekwensi yang diterima eksportir, antara lain penutupan penerbangan. Sejauh ini menurutnya, China bukan negara tujuan ekspor utama. Baru ada beberapa eksportir yang mengekspor ikan hidup kesana. Negara tujuan ekspor dari Maluku masih didominasi Jepang dan Amerika. 

"Tidak terlalu banyak juga yang ekspor ke China. Kalo tuna rata-rata ke Jepang sama Amerika," tuturnya. 

Sedangkan untuk produk impor dari China sama halnya dengan ekspor. Belum ada impor langsung. Masih melalui bandara internasional kota lain. Impor langsung di Maluku masih didominasi minyak mentah milik PT Pertamina. 


00:00:00 / 00:00:00