• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur Datang, SBT Keciprat Seabrek Bantuan

13 February
00:06 2020

KBRN, Bula ; Ada yang menarik dari kunjungan Gubernur Maluku Murad Ismail ke Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), 11 - 13 Februari 2020. Selain memboyong sebagian besar pimpinan OPD dan pimpinan instansi vertikal, gubernur membuat kejutan dengan membawa seabrek bantuan untuk masyarakat SBT.

Bantuan berbilang miliaran rupiah itu, diserahkan langsung oleh Gubernur Murad Ismail kepada perwakilan penerima di Aula Serbaguna Dinas Kesehatan, usai acara pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) SBT pimpinan Ny. Julia Misa Keliobas. Dari data yang diperoleh RRI, bantuan yang diserahkan Gubernur Maluku terdiri dari bantuan sarana prasarana pertanian, pendidikan, kesehatan dan perumahan. Sebagian dari bantuan itu, diserahkan kepada perwakikan penerima di Desa Kufar Kecamatan Tutuktolu.

Di bidang pertanian, ada bantuan dana untuk Pengembangan Padi Sawah milik Kelompok Tani Bina Karya di Desa Waimatakabu Bula Barat seluas 400 hektar, Pengembangan Jagung Hibrida milik Kelompok Mandiri Tani Bula Air 1000 hektar, Fasilitasi Pengembangan Kawasan Durian Montong untuk Kelompok Musafa di Desa Salas 50 hektar dan Bantuan Mesin Cultivator untuk Kelompok Mekar Jaya Waimatakabu 3 unit.

Sedangkan di bidang Ketahanan Pangan, ada bantuan untuk pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kepada 5 kelompok, masing-masing Rp15 juta, bantuan Pertanian Masuk Sekolah bagi SMK Tutuktolu dan SMA Negeri 6 SBT masing-masing Rp60 juta, serta bantuan Family Farming untuk 4 kelompok di 4 kecamatan masing-masing Rp200 juta.

Di bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, gubernur menyalurkan bantuan kepada BUMDes Mandiri Kampung Wailola senilai Rp25 juta, juga ada bantuan kepada Calon Sekolah Adi Wiyata berupa 100 buah tumble, sementara di bidang pendidikan ada bantuan laptop untuk SMA Kilimury, SMA 13 Pulau Panjang dan SMK Negeri 4 Seram Timur, beasiswa sekolah untuk siswa miskin, serta Hibah PAUD dari PAUD Provinsi kepada PAUD Heser Permai, PAUD Permata Seram Timur dan PAUD Atamari masing-masing Rp5 juta.

Sebelumnya, saat berkunjung ke Desa Kufar, Gubernur menyerahkan bantuan 24 Unit rumah layak huni, bantuan Stimulan perumahan swadaya, bibit diversifikasi pangan untuk 100 KK di Desa Kufar, serta sumbangan untuk pembangunan Mesjid Al-Muhajirin di Desa Air Kasar dan Mesjid An-Nur di Desa Administratif Kufar.

Selain itu ada juga bantuan berupa sarana cuci tangan untuk Madrasah dan PAUD, timbangan bayi, tikar ukur untuk posyandu di Desa Kufar, ada bantuan bibit mangga okulasi, 100 buah life jaket, alat-alat kesehatan dan bantuan BKB KIT.

Menurut gubernur, bantuan yang diberikan kepada masyarakat Ita Wotu Nusa, merupakan wujud dari rasa cinta dan kepedulian Gubernur Maluku kepada masyarakat SBT, sehingga diharapkan melalui bantuan-bantuan itu, tingkat kesejahteraan masyarakat SBT ke depan akan semakin meningkat.(AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

00:00:00 / 00:00:00