• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pelantikan Dekranasda Periode 2019-2022

12 February
08:28 2020

KBRN, Bula: Ketua Dekranasda Provinsi Maluku Ny, Widya Pratiwi Murad Ismail, Selasa 11/02/2020 Melantik Anggota Pengurus Dewan Kerajinan Daerah Periode 2019-2022 di Gedung Serba Guna Kab.SBT. 

Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Wakil Bupati Fahri Husni Alkatiri, Sekda Provinsi Maluku beserta Pimpinan OPD Pemprov Maluku, Ketua DPRD Maluku, Anggota DPRD SBT, OPD Lingkup Kab.SBT, Ketua Dekranasda Kab SBT beserta Anggota, Toko Masyarakat, Toko Adat dan Para Undangan.

Ketua Dekranasda Ny, Widya Pratiwi Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, Pelantikan Pengurus Dekranasda merupakan langkah awal untuk berkarya di bidang industri kerajinan di Bumi Ita Wotu Nusa.

Pratiwi Berharap, dengn di lantiknya pengurus Dekranasda tersebut sebagai langkah awal untuk memajukan karya nyata di bidang Industri Kerajinan Masyarakat sesuai komitmen untuk mewujudkan program kerja lima tahun ke depan yang telah di anggarkan dalam Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga Tahun 2015.

" Saya Berharap dengan di lantiknya pengurus Anggota Dekranasda ini, sebagai langkah awal karya nyata di Bidang Industri kerajinan sesuai komitmen program kerja lima tahun ke depan" Ungkap Pratiwi.

Pratiwi mengatakan, Program yang akan di susun harus menjabarkan visi dan misi Pemkab SBT sehingga pola kerja Dekranasda dan pemkab selalu terjalin dengan baik dalam meningkatkan partisipasi Masyarakat khusunya Para Pelaku usaha di Bidang Industri.

Sementara itu, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya mengatakan Dekranasda Kab.SBT merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk mengembangkan usaha dan melestarikan warisan budaya bangsa serta menanam kesadaran Masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari warga Negara Indonesia Khusunya Masyarakat Kab.SBT, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang berbasis Sumber Daya Alam, budaya dan Kreatifitas sehingga berfungsi sebagai fasilitator Pelaku Industri Kcil maupun menengah (UKM).

Keliobas berharap, SKPD terkait agar bersama-sama dengan Pengurus Dekranasda selalu bersinerji untuk meberikan pembinaan kepada pelaku industri kecil maupun menengah secara terus menerus dengan upaya-upaya guna mengembangkan Industri kecil maupun menengah, agar kegiatan ini dapat di pertahankan karena ke depan produksi kerajinan memiliki daya saing yang kuat di kanca Internasional.

"Saya selaku Bupati berharap kepada SKPD agar selalu membangun kerja sama yang baik dengan Pengurus Dekranasda guna memberikan pembinaan-pembinaan kepada pelaku Industri kecil maupun menengah agar ke depan produk kerajinan yang ada di Kab.SBT akan lebih baik dan dapat memiliki daya saing yang luar biasa" Tegas Keliobas.

Keliobas juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku yang telah berkunjung sekaligus Menghadiri Acara Pelantikan Pengurus Dekranasda Periode 2019-2022.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail Mengatakan Upaya Membangun  Maluku harus di lakukan dengan melibatkan Masyarakat sebagai wujud program pemerintah sesuatu Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yakni jujur, bersih dan terlayani. Sehingga Gubernur Maluku membentuk Dewan Dekranasda Provinsi Maluku yang di ketuai Ny,Widya Pratiwi Murad Ismail.

Murad berharap, Pengurus Dekranasda yang baru saja di lantik agar membina kelompok kerajinan Rakyat di seluruh pelosok Negri yang ada di Kab.SBT untuk mengangkat berbagai Produk Kerajinan khas Daerah yang msi tertutup sehingga dapat mendorong pertumbuhan Perekonomian Masyarakat untuk berkontribusi pada perkembangan Sektor Koperasi,Perdagangan dan Pariwisata.

"Saya selaku Gubernur Maluku berharap dengan di lantiknya pengurus Dekranasda yang baru ini, agar terus-menerus dapat membina kelompok-kelompok kerajinan Rakyat yang berada di Pelosok-pelosok Negeri agar dapat mengangkat Produk Kerajinan khas Daerah itu sendiri" Tegas Murad.

Murad Mengungkapkan, Palapa saat ini suda masuk di Wilayah Maluku sehingga pemasangan Kabel Viber Optik  sepanjang 3.900 Kilo telah di lakukan untuk membenahi jaringan Internet yang belum tersentuh di bebarapa pelosok yang ada di Maluku, sehingga dengan Program tersebut di lakukan agar Ujian Nasional yang nantinya di laksanakan secara Online baik di Provinsi, Daerah maupun Pelosok-Pelosok Kecamatan dapat berjalan dengn baik dan Masyarakat pelosok terpencil juga dapat menikmati Jaringan Internet tersebut. (T.L)

00:00:00 / 00:00:00