• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

OJK Dukung Fakultas MIPA Unpatti Buka Prodi Aktuaria

15 November
07:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon: Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof Doktor Pieter Kakisina menyatakan,  pihaknya siap membuka Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Aktuaria di Tahun 2020 mendatang.

"Aktuaria merupakan kombinasi antar ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan dan pemprograman komputer,"jelas Kakisina dalam  Seminar Program 1.000 Aktuaris di Ambon, Kamis (14/11/2019)
Seminar ini digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku jelang HUT OJK ke- 8. Digelarnya seminar ini kerja sama OJK dengan Fakultas MIPA Unpatti Ambon.

Dikatakan Kakisina, dari segi Sumber Daya Manusia, Fakultas MIPA Unpatti Ambon sudah sangat siap. Diyakini, Prodi Aktuaria masih belum banyak dikenal masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi program studi tersebut.

Iapun memberikan apresiasi positif kepada OJK Provinsi Maluku yang telah menggelar Seminar sekaligus Sosialisasi Program 1.000 aktuaris. 
Dalam seminar dan sosialisasi ini dihadiri ribuan generasi milenial mulai dari tingkat SMA sederajat serta mahasiswa di Kota Ambon.

Dalam kesempatan yang sama,  Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) I OJK, Anggar Budhi Nurani mengaku, di Indonesia saat ini minim tenaga aktuaris di Industri Perasuransian. Dengan demikian, dibutuhkan terobosan untuk memenuhi kekurangan tersebut.

"OJK harapkan Fakultas MIPA Unpatti Ambon bisa mewujudkan mimpinya membuka Prodi S1 Aktuaria untuk menghasilkan para aktuaris  yang handal,"tegas Anggar

Apalagi ada tuntutan dari regulator yang mengharuskan seluruh industri asuransi, baik asuransi jiwa, umum maupun reasuransi memiliki tenaga aktuaris.

Seminar dan Sosialisasi Program 1.000 Aktuaris ini,  diisi dengan materi dari pembicara. Mereka adalah Fellow Societies Actuary Indonesia (FSAI) OJK Asep Soewondo, Franiciska M Ruswita dari Persatuan Aktuaris Indonesia, William J Duggan (Readi Project) dan Sumarjono Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan (SS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00