• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Hari Ketiga Cerita Ekspedisi Kas Keliling BI Maluku di Kecamatan Pulau-Pulau Kur

23 October
10:05 2019
0 Votes (0)

KBRN,Ambon: Dari Desa Sesar Kecamatan Tutuk Tolu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Pukul 14.30 WIT, Kegiatan Ekspedisi Kas Keliling Kantor Perwakilan Bank Indonesia(BI) Provinsi Maluku, masih terus berlanjut. Di hari Ketiga, tepat pada Minggu (20/10/2019) KRI Untung Suropati 372 yang ditumpangi tim, kembali melego jangkar dan bersandar di Pelabuhan   Kur, Kecamatan Pulau-Pulau Kur, Kabupaten Maluku Tenggara Kota Tual, Provinsi Maluku, Pukul 8.30. WIT.

Dari Pelabuhan Kur, Tim Ekspedisi harus menempuh  perjalanan sepanjang 3  Kilometer lagi untuk  masuk perkampungan warga. Kondisi jalan  banyak yang berlubang  dan hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat, menjadikan perjalanan cukup menyita waktu.

Tepatnya di Kantor Desa Sermaf, tim melakukan kegiatan seputar  penukaran uang lusuh,sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah . Sosialisasi dilakukan langsung  Kasir BI Provinsi Maluku, Arthur Sahusilawane dan Kasir BI Pusat, Arnold Wilson.

Sebelum sosialisasi, Kepala Tim Ekspedisi Kas Keliling Bank Indonesia, Ade Ashadi   menjelaskan  peran Bank Indonesia sebagai bank sentral. Dalam kegiatan Ekspedisi Kas Keliling, Bank Indonesia tidak hanya fokus melakukan penukaran uang, tapi juga melakukan berbagai kegiatan sosial yang menyentuh masyarakat. Salah satunya layanan pengobatan gratis.

Camat Pulau-Pulau Kur, Kabupaten Maluku Tenggara Kota Tual, La Jania Madamar menyatakan, pentingnya sosialisasi ciri-ciri uang rupiah bagi warganya, agar kedepan mereka bisa membedakan mana uang rupiah asli dan palsu.

"Sosialisasi langsung kepada masyarakat  seperti ini hanya baru dilakukan BI Provinsi Maluku. Kalau dapat, rutin dilakukan,"harap  Madamar dalam sosialisasi.

Ekspedisi Kas Keliling BI Provinsi Maluku juga memberikan  bantuan Program    Sosial Bank Indonesia (PSBI) Dedikasi Untuk Negeri. PSBI berupa  genset  disalurkan untuk Masjid Nurul Yakin Desa Sermaf  serta bantuan  paket olahraga, buku serta alat tulis untuk Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Desa Sermaf.

Madamar mengaku terharu dan berterimakasih kepada BI Provinsi Maluku, karena telah ikut membantu kemajuan kecamatan yang ia pimpin.

"Bantuan ini pastinya memberi manfaat bagi  generasi penerus  di Desa Sermaf,"terangnya

PENGOBATAN GRATIS

Dalam pelayanan pengobatan gratis,  BI Provinsi Maluku bekerjasama dengan TNI AL. 
Dalam pengobatan gratis ini sebanyak 120 warga usia lanjut, anak-anak dan balita datang ditemani orangtuanya memeriksakan diri.

Pengakuan tim dokter dari TNI AL, Letda Laut (K) dr Miftahul Anwar serta Letda Laut (K) dr I Gusti Agung  Ngurah Radhitya, kebanyakan orangtua yang memeriksakan diri mengalami  sakit pada persendian serta darah tinggi. Sementara anak-anak dan balita  banyak  menderita gatal-gatal dan diare.

Warga yang datang  menyatakan sangat terbantu dengan pelayanan pengobatan gratis. Sebab, untuk berobat ke Puskesmas mereka juga harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan obat.

Seperti diakui Wakil Ketua Badan Pengawasan Desa di Kecamatan Pulau-Pulau Kur Sayuti Retob, pengobatan gratis ini  sudah lama diidamkan warga Kecamatan Pulau-Pulau Kur.

"Kami memberikan dukungan dan apresiasi untuk BI Provinsi  Maluku dan TNI AL,"tandasnya ( SS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00