• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Jamintel Kejagung Ajak Masyarakat Maluku Tetap Merajut Persaudaraan

23 September
14:52 2019
1 Votes (5)

KBRN, Ambon:   Ada harapan yang disampaikan Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel)  Kejagung, Dr Jan Samuel Maringka SH, MH . Saat memberikan Kuliah Umum di Unpatti Ambon, Maringka  meminta masyarakat di Maluku  terus merajut persaudaraan dalam kebhinekaan yang bermuara pada Pancasila.

"Kita semua  jangan terpengaruh dengan hasutan, berita hoax dan lainnya yang dapat memecah belah persatuan,"tegas Maringka, Senin (23/9/2019)

Kuliah Umum ini bertema  "Merajut Kebhinekaan dan Mengawal Pembangunan" diikuti hampir 500 mahasiswa.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku ini mengatakan, Maluku bagian dari Indonesia, memiliki beragam budaya yang unik disetiap wilayah. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga dan dirawat. Ia juga meminta mahasiswa menjadi agen perdamaian disetiap tempat tinggalnya

Selain itu, Maringka  ikut menjelaskan peran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan atau TP4, dibentuk sebagai respon kejaksaan dalam mendukung program pemerintah di bidang Pembangunan Nasional. Hal ini dirasakan sejalan dengan komitmen Presiden RI, Joko Widodo dalam mengedepankan upaya pencegahan sebagai strategi pemberantasan korupsi.

Dalam hal ini, penegakan Hukum tidak dapat disamakan dengan Industri yang keberhasilannya semata-mata diukur dari tingkat penanganan perkara.Penegakan Hukum justru dikatakan berhasil, apabila mampu menekan tingkat kejahatan dan meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat.

"Marilah bergandengan tangan, bekerjasama demi Maluku dan Indonesia lebih baik,"cetus penggagas Program "Jaksa Menyapa" ini


Maringka juga  menyampaikan program – program unggulan di bidang Pencegahan  Kejagung RI yaitu  Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan, Dialog Interaktif “Jaksa Menyapa" Kerja Sama Kejagung dengan Radio Republik Indonesia.  Kemudian Program Jaksa Garda Desa (Jaga Desa), Program Jaga Negeri dan Progam Jaksa Masuk Sekolah

Dalam Kuliah Umum  ini, dihadiri Rektor Unpatti Ambon, Marthinus Sapteno, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy,
Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Triyono Hariyanto ,  Kepala Kejaksaan Negeri Ambon Benny santoso,   dan seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Kota  Ambon dan Provinsi Maluku. (SS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00