• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ekspedisi Kas Keliling di Maluku, Bank Indonesia Temukan Ratusan Juta Uang Lusuh

19 September
22:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku, sukses melakukan  Ekspedisi Kas Keliling di Pulau Terluar   Provinsi Maluku. Dalam kegiatan ini, ditemukan  banyak uang lusuh  yang ditukarkan masyarakat. Jumlahnya mencapai Rp226 Juta.

Jumlah uang itu,  ditukarkan masyarakat dari berbagai pulau yang disinggahi. 
Pulau tersebut adalah Kayeli (Pulau Buru), Pulau Ambalau, Leksula (Pulau Buru), Kepala Madan (Pulau Buru) dan Pulau Buano Utara.

"Kondisi uang yang ditukarkan masyarakat bermacam -macam. Ada yang sudah berubah warna, dimakan rayap, sobek dan sebagainya. Pokoknya kondisi uang sudah tidak layak," terang Koordinator Tim Ekspedisi Kas Keliling KPw BI Provinsi Maluku, Teguh Triyono kepada Wartawan,  Kamis (19/9/2019) 

Ekspedisi Kas Keliling ini , BI kerja sama dengan TNI Angkatan Laut. Tim  menggunakan KRI Kerapu-812.Selain itu, BI melibatkan Tim Medis dan utusan dari Pemerintah Provinsi Maluku.

Teguh menjelaskan, untuk  Ekspedisi Kas Keliling, KPw BI Provinsi Maluku  menyiapkan Rp2,5 Miliar, sebagai stok guna kegiatan penukaran uang.
Jumlah itu paling terkecil, bila dibandingkan dengan jumlah uang yang  pernah disediakan pada kegiatan yang sama, tahun sebelumnya. Persediaan jumlah uang, pastinya disesuaikan dengan jumlah penduduk dan pulau  yang disinggahi.

"Dalam ekspedisi tahun lalu, uang yang disediakan bisa mencapai Rp5 Miliar,"terangnya

Ada harapan, melalui Ekspedisi Kas Keliling, banyak kemudahan  dirasakan masyarakat. Mulai dari pembukaan rekening, penyetoran, dan penarikan tunai, transfer,  pembukuan, cek saldo, mutasi, penggantian dan cetak buku tabungan, pembayaran tagihan termasuk tagihan listrik, PBB dan lain-lain.

Ditambahkan Teguh, selain kegiatan penukaran uang,   Bank Indonesia juga melakukan  sosialisasi  ciri – ciri keaslian uang rupiah, penyerahan bantuan pendidikan, keagamaan dan bantuan sosial.

"Penyerahan bantuan ini melalui Program Sosial Bank Indonesia atau PSBI,"urai Teguh (SS)




tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00