• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

OJK Gencar Sosialisasi Pentingnya Perlindungan Konsumen

18 September
20:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Ambon: Departemen Literasi dan Inklusi  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta, gencar melakukan sosialisasi Peraturan OJK Nomor 01/POJK.07/ 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan diseluruh kota di Indonesia.

Untuk menyebarluaskan aturan tersebut, OJK Jakarta kali ini memilih Kota Ambon. Bekerjasama dengan Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura (Unpatti)  Ambon, sosialisasi dilakukan kepada 100 mahasiswa melalui Kuliah Umum  pada Rabu (18/9/2019) pagi. Kuliah Umum  mengusung tema ”Pengenalan OJK dan Peraturan Perlindungan  Konsumen"

Direktur  Penelitian Kebijakan dan Pengaturan Edukasi  Perlindungan Konsumen OJK , Rela Ginting, saat tampil sebagai narasumber menyampaikan, dewasa ini, marak bermunculan sektor jasa keuangan baru seperti perluasan sektor pergadaian dari yang semula hanya terdapat satu PT Pegadaian (Persero) milik pemerintah, menjadi banyak perusahaan pergadaian swasta.

Ada juga sektor Financial Technology dengan berbagai jenisnya, seperti perusahaan penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI), Equity Cowdfunding, dan sebagainya.

Memperhatikan tingginya risiko munculnya entitas ilegal yang berkedok sebagai penyedia jasa keuangan yang dapat merugikan konsumen dan masyarakat, OJK membentuk Satuan Tugas Waspada Investasi (SWI) yang secara rutin memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai waspada investasi ilegal.

"Harapan kami,  masyarakat dapat memilih produk atau layanan jasa keuangan dari lembaga jasa keuangan yang berizin dan diawasi oleh OJK,"tandas Ginting.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti Ambon, Dr Erly Liwakabessy sebelum membuka Kuliah Umum memberi apresiasi kepada OJK. Sebab,  kegiatan  ini, sesuai dengan jiwa dan karakteristik dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti Ambon

" Tentunya, kegiatan ini  sangat mendukung mahasiswa yang menempuh program studi itu,” ucap  Liwakabessy

Pihaknya pun berharap kepada mahasiswanya, agar menjadi agen dalam mesosialisasikan kebijakan yang ditetapkan oleh OJK tersebut.  (SS)




    

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00