• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Wisata dan Budaya

Tingkatkan Pengetahuan Sejarah, Museum Siwalima Gelar Lomba Cerdas Cermat

11 September
16:54 2019
0 Votes (0)

KBRN:Ambon- Sebanyak 24 regu perwakilan SMP dan MTS di Kota Ambon mengikuti Lomba Cerdas Cermat yang digelar Museum Siwalima Ambon, Rabu (11/09/19).  24 regu itu beradu cerdas dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan saat lomba dan dinilai langsung oleh para juri, guna mencari enam regu untuk maju ke babak final untuk merebutkan juara satu, dua, tiga, harapan I dan harapan II, mengingat juara satu akan mewakili Maluku ke tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Oktober 2019 mendatang. 

“Kegiatan lomba cerdas cerma SMP/MTS se- Kota Ambon ini kan sudah 4 tahun berturut-turut dalam rangka mencari juara  satu untuk mewakili Maluku ke ajang nasional di Museum Nasional nanti di oktober yang berlangsung di Jakarta. Dengan lomba ini juga, anak-anak bisa memahami tentang pengetahuan kebudayaan Indonesia secara keseluruhan tapi juga  Provinsi Maluku secara kedaerahan dan juga pengetahuan tentang museum dan tokoh-tokoh sejarah,”jelas Kepala Museum Ambon, Rabu (11/09/19).

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar generasi muda terlebih pelajar SMP/MTS dapat mengetahui budaya Indonesia secara keseluruhan dan Provinsi Maluku secara kedaerahan, serta mengetahui tokoh-tokoh secara dan tahu tantang Museum. Selain itu untuk memberikan tanggungjawab kepada generasi muda  untuk memahami dan meladani sifat dan sikap patriotisme para pejuang sehingga mereka unggul, namun keunggulan akan sia –sia bila tidak diikuti dengan karakter yang baik.

“Jadi  sebenarnya mau di bilang bahwa anak-anak diberi tanggungjawab untuk memahmi dan meneladani  sifat atau sikap patriotisme  pejuang yang berjuang merebut kemerdekaan ini.  Dan kemudian mereka punya tugas untuk mengisi kemerdekaan ini, sehingga mereka bisa unggul dan keunggulan tidak  diikuti dengan karakter yang baik maka akan sia sia.  Oleh sebab itu anak-anak juga lewat  kegiatan ini bisa belajar untuk memiliki karakter yang baik guna mewujudkan maluku yang cerdas  tapi juga Indonesia emas,”ungkap Saiya.

Dikatakan, saat ini peserta yang terdaftar baru ditingkat kota Ambon, namun dirinya berharap di tahun mendatang akan melibatkan peserta dari Provinsi Maluku, hal itu akan disesuaikan dengan anggaran yang diterima dari pusat. 

Sementara itu sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, berharap dengan perlombaan ini anak anak sekolah yang merupakan generasi muda akan mengenal sejarah museum dan sejarah Indonesia pada umumnya. Selain itu akan tumbuh rasa cinta terhadap museum siwalima untuk dijaga dan dilesatrikan.

“Harapan Kami dari Dinas Pendidikan provinsi Maluku adalah dengan kegiatan semecam ini, kecintaan terhadap Museum it uterus ada di hati generasi muda, sehingga mereka akan terus mengunjungi museum dan mau melestarikan benda-benda peninggalan sejarah Maluku,”harapnya.

Antusias peserta sangat terlihat dalam lomba cerdas cermat, dimana dalam babak pertama yang menampilkan empat regu, berbagai petanyaan di jawab dengan baik dan semangat. 


  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00