• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Pemda Kepulauan Aru Apresiasi BPJS Ketenagakerjaan Respon Cepat Korban KM Mina Sejati

24 August
10:56 2019
2 Votes (4)

KBRN: Ambon- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Dalam Respon Cepat Memberikan Pelayanan Terbaik bagi Pekerja ABK yang menjadi Korban kapal KM Mina Sejati.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, SE mengatakan begitu pentingnya perlindungan Jaminan Kerja kepada tenaga kerja, sehingga  semua pekerja hsrus dapat memastikan dirinya telah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, agar tenang dalam bekerja. Hal itu berkaca pada kejadian yang menimpa ABK KM Mina Sejati, dimana sebanyak 36 Orang ABK tersebut baru didaftarkan menjadi peserta PBJS Ketenagakerjaan pada bulan Juli 2019, namun telah dilindungi sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Musibah yang menimpa ABK KM. Mina Sejati ini membuka mata kita, masih banyak pekerja - pekerja yang belum mendapatkan haknya untuk dilindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Padahal program perlindungan ini sangat penting bagi para pekerja," ungkap Wakil Bupati Aru, Muin Sogalrey, Sabtu (24/08/19).

Dikatakan, Perlindungan Jamsostek bagi ABK Kapal ini telah dilakukan sejak Bulan Februari 2019, sesuai insiatif Pemerintah Daerah, Pegawai Pengawas Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan yang berkoordinasi dengan Kepala Pelabuhan Perikanan Dobo, untuk  memberikan perlindungan jaminan kerja bagi ABK, dengan mendaftarkan mereka ke dalam program perlindungan tersebut, dan bila tidak didaftarkan maka kapal - kapal tersebut tidak akan diberikan Surat Ijin Berlayar (SIB).  

"Kami selaku Pemerintah Daerah tentunya sangat mendukung, sehingga perlindungan  dibuat untuk semua lini pekerjaan, baik pekerja formal atau informal.  Dan kami berharap ini bisa menjadi contoh untuk daerah - daerah lain di Indonesia, agar Pemerintah Pusat atau Daerah dapat melaksanakan dan mengawal secara menyeluruh  perlindungan pekerja, agar dapat mengikuti Program BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya karena  wajib sesuai Undang - Undang namun karena memiliki  manfaat yang sangat besar buat masyarakat terutama pekerja," jelasnya.

Berdasarkan hal itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan atas tindakannya yang dengan cepat merespon dalam memberikan pelayanan kepada para korban.  Pelayanan terbaik diberikan kepada korban luka tanpa batas biaya hingga sembuh, dan Korban meninggal Dunia akan diberikan santunan kepada ahli warisnya. 

"Seharusnya pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini bisa menjadi contoh bagi instansi pelayanan publik yang ada , yaitu memberikan pelayanan dengan cepat dan langsung datang ketika ada kejadian seperti ini. Memang pelayanan mereka (BPJS Ketenagakerjaan) itu sangat baik dan patut di contoh,"

"Sebagai informasi, sekitar 2 pekan lalu, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, langsung ke Dobo untuk memberikan santunan Jaminan Kematian kepada 5 Ahli waris yaitu ABK Kapal Nelayan, Petugas Kebersihan dan Karyawan Toko, santunan tersebut diserahkan melalui Bupati Kepulauan untuk diserahkan kepada Ahli Waris dengan jumlah santunan sebesa Rp 120 juta,” tutupnya.

Sementara itu, Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Maluku di Kabupaten Kepulauan Aru, Gusti Kofit mengaku bermitra  dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam melakukan pengawasan dan pemeriksaan kepada Badan Usaha agar wajib terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

"Saat ini, sekitar  7.000an ABK yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu kami akan mengusulkan kepada Pemerintah Daerah agar segera membentuk tim pengawasan dan pemeriksaan yang terdiri dari berbagai instansi yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan selain K3, tentunya sebelum bekerja mereka harus ada jaminan kerjanya jika belum terdaftar ya akan kami tindak sesuai perarturan perundangan yang berlaku,"tutur Kofit.

Fungsi Pegawai Pengawas Ketenagakerjan adalah dapat memastikan perusahan atau badan usaha  wajib terdaftar ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan. 

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00