• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Walikota Paparkan Konsep Smart City di Hadapan Maba Ukim

20 August
19:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Walikota Ambon Richard Louhenapessy memaparkan konsep Smart City dan Ambon Kota Musik dihadapan mahasiswa baru Universtitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), bertempat di Christian Center, Selasa (20/8/2019).

Walikota mengatakan, pemahaman smart city atau kota pintar harus disosialisasikan terus menerus kepada masyarakat. Terutama generasi muda yang melek teknologi. 

"Otomatis pemahaman smart city ini harus disosialisasikan secara baik termasuk kepada generasi muda," jelasnya

Tujuan utama kota pintar untuk meningkatkan pelayanan publik, berbagai urusan akan dipermudah dengan bantuan teknologi. Mulai dari bertemu pejabat maupun membuat surat keterangan yang memakan waktu berminggu-minggu akan selesai dalam sekejap.

"Intinya smart city itu meningkatkan pelayanan publik dengan teknologi sebagai kekuatan. Semisal berurusan dengan pejabat kalau susah ketemu ya berarti belum smart. Sama dengan urus surat-surat kalau berminggu-minggu belum selesai ya belum smart," tandasnya

Ia menjelaskan Kota Ambon sudah masuk 100 kota pintar di Indonesia. Pemerintah Kota Ambon membutuhkan waktu 5 sampai 10 tahun untuk membenahi semua infrastrukturnya, yang terpenting bagi Walikota, kota Ambon sudah bisa bersaing dengan kota lainnya di Indonesia.


"Kita baru ditetapkan sebagai 100 smart city. Iyi kata kunci untuk bersaing dengan kota lain. Perlu waktu 5 sampai 10 tahun untuk benahi itu," terangnya

Mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk tanya-jawab dengan Walikota. Dari sejumlah pertanyaan yang disampaikan mahasiswa, mereka ingin Pemkot Ambon dapat melibatkan mahasiswa dalam berbagai program yang dibuat. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00