• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lima Puluh Persen Nelayan di Maluku Belum Memiliki KUSUKA

20 August
09:41 2019
0 Votes (0)

KBRN:Ambon- Lima puluh persen nelayan di Kota Ambon belum memilikiKartu Pelaku Usaha (Kusuka) yang merupakan identitas para nelayan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon, Steiven Patty mengaku, saat ini jumlah nelayan di Kota Ambon mencapai 4.726 nelayan, sementara yang telah memiliki Kusuka sebanyak 2.908 nelayan, yang artinya 50 persen dari jumlah tersebut masih belum memiliki Kusuka. Hal itu dikarenakan status kependudukan yang belum jelas menjadi salah kendala, sehingga data peserta di tolak saat menginput di system. 

“Nelayan yang belum memiliki kartu Pelaku usaha (Kusuka) masih banyak, sekitar 50 persen dari jumlah nelayan di Kota Ambon. Salah satu kendalanya ya kaena status kependudukan yang belum jelas, jadinya saat input data di system, di tolak. Namun kami terus berupaya agar paa nelayan di kota ini secara keseluruhan memiliki KUSUKA,”ungkap Steiven Patty, Selasa (20 Agustus 2019).

Dijelaskan, saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon tidak lagi menerbitkan Kartu Pelaku Usaha bagi nelayan, karena Kementrian Kelautan dan Perikanan RI telah bekerjsama dengan BNI, sehingga pihak BNI yang mencetak KUSUKA . Kartu Pelaku Usaha memiliki enam fungsi diantaranya menjadi ATM bagi nelayan, dan juga sebagai kartu penerima bantuan. 

“Untuk ketahuan teman-teman, Kartu Pelaku usaha kita tidak lagi menerbitkan, tapi langsung di cetak BNI karena Kementrian Kelautan dan Perikanan RI telah bekerjsama dengan BNI. KUSUKA kan punya enam fungsi, salah satunya sebagai pembayaran uang tunai (ATM bagi nelayan) dan juga untuk kartu terima bantuan,”jelasnya. 

Menurutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon terus berupaya untuk mengcover semua nelayan di Kota Ambon, agar memiliki Kartu Pelaku Usaha (KUSUKA) sehingga enam manfaat yang diterima para nelayan dari kartu tersebut , dirasakan dan dinikmati semua nelayan di Kota ini. 

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00