• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lagi, Registrasi Ukar Sengan di Kemendagri Terganjal

24 July
00:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bula : Kendatai telah lewetai banyak proses dan upaya keras dari Pemerintah Daerah (Pemda) namun usul registrasi Kecamatan Ukar Sengan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih tetap alami kendala.

Kali ini kendala tersebut terletak pada batas kewilayahan yang merupakan salah dari persyaratan pembentukan kecamatan. Bagimana tidak, di dalam Peraturan Daerah (Perda) pembentukan Kecamatan Ukar Sengan disebutkan batas wilayah kecamatan ukar sengan sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Lian Fitu, sementara berdasarkan penomoran kecamatan yang ada di kemendagri, kecematan tetangganya tersebut terdaftar dengan nama Siritaun Wida Timur, bukan kecamatan Lian Fitu.

Akibat terkendala nama batas wilayah itu, mimpi masyarakat Ukar Sengan untuk segera memiliki sebuah kecamatan yang divinitf akhirnya kembali terganjal. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda SBT Ambo Wokanubun dikonfirmasi RRI di ruang kerjanya, Selasa (23/07) menjelaskan untuk memuluskan proses registrasi dimaksud maka Pemda bersama DPRD mesti perlu lebih dahulu merevisi Perda tentang pembentukan Kecamatan Siritaun Wida Timur. Revisi dilakukan terhadap nama kecamatan agar sesuai dengan nama yang tertera pada batas wilayah sebagaimana disebutkan di dalam Perda pembentukan Kecamatan Ukar Sengan itu sendiri.

“Usul registrasi Kecamatan Ukar Sengan di Kemendagri belum bisa diproses karena terkendala dengan nama batas kewilayahan. Oleh sebab itu, kita masih perlu merevisi Perda Pembentukan Kecamatan Siritaun Wida Timur agar namanya sesuai dengan nama batas wilayah yang tertera pada Perda Pembentukan Ukar Sengan” terangnya.

Sementara itu untuk mendorong segera direvisinya Perda tersebut, Pemda menurut Wokanubun baru-baru ini telah mengajukan draf revisi ke DPRD guna dibahas dan diperdakan. Dia berharap revisi Perda itu segera ditetapkan agar pemerintah daerah dengan segera mengajukan ulang proses registrasinya ke Kemendagri sehingga dengan begitu status Ukar Sengan sebagai kecamatan divinitif di Kabupaten SBT segera pula terwujud. (YSN).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00