• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Buka Rakor PID, Sekda SBT Canangkan Bursa Inovasi Desa

22 July
12:55 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bula : Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, Senin (22/07/2019), membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Desa di Aula KPU SBT. Pembukaan rakor dirangkai dengan Pencanangan Bursa Inovasi Desa 2019, dihadiri Kepala Bappeda Anshar Wattimena dan para camat se- Kabupaten SBT.

Rakor Tim Inovasi Desa dan Pencanangan Bursa Inovasi Desa diselenggarakan oleh Dinas Pemdes Kabupaten SBT dan berlangsung selama dua hari. Menurut Ketua Panitia Ahmad Rumasilan, peserta rakor terdiri dari para camat, tim inovasi kabupaten, pendamping desa dan stakeholders. Tujuan dari rakor adalah untuk membangun sinergitas menuju desa yang mandiri, inovatif dan maju. 

Sekda SBT Syarif Makmur dalam sambutannya mengungakpkan, Peogram Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan agenda Nawa Cita ketiga dari RPJM 2015 – 2025, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa dan daerah dalam bingkai NKRI.

Program Inovasi Desa tambah sekda, dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan amanat UU Desa Nomor 6 Tahun 2014  yang mengharuskan dilakukannya pengembangan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi. 

“Jadi, PID diselenggarakan oleh Kemendesa PDTT dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada pendampingan desa dalam pelaksanaan UU Desa,” jelas  Sekda Syarif Makmur.

Ditegaskan sekda, Rakor Tim Inovasi Kabupaten dan Pencanangan Bursa Inovasi Desa 2019 dilaksanakan dengan semangat inovasi untuk melahirkan ide-ide kreatif yang dibutuhkan oleh desa dalam hal perencanaan dan penganggaran pembangunan di tahun-tahun mendatang. Karena itu, Pemkab SBT menyambut baik kegiatan ini disertai harapan, hasil dari rakor ini bermanfaat bagi semua desa di Kabupaten SBT.  (AL)       

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00