• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur Maluku Siap Mendukung Danlantamal IX Ambon Menjaga Laut Maluku

22 July
09:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon: Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M kini resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danantamal) IX Ambon. Berbagai sambutan diberikan oleh berbagai pihak tidak terkecuali Gubernur Maluku, Murad Ismail. Sebagaimana yang sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Kakesbang Provinsi Maluku Dachjar M.A. Sialana pada acara Pisah Sambut Danlantamal IX yang merupakan rangkain Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danlantamal IX dari Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang kepada Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., bertempat di  Gedung Dr. J. Leimena Lantamal IX Sabtu, (20/07/2019).

"Kami siap menyambut Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., bersama keluarga, untuk membangun Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX dan bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Maluku dan seluruh jajaran Pemda Kabupaten/Kota akan selalu siap untuk membangun kerjasama dengan pihak Lantamal IX. Jadikanlah Maluku untuk berbakti kepada Ibu Pertiwi", ujar Gubernur dalam sambutannya.

Lebih lanjut Gubernur juga mengapresiasi kinerja Danlantamal IX sebelumnya Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang. Menurut Gubernur, Simatupang telah bekerja keras dalam waktu singkat untuk menjaga wilayah laut Maluku.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang yang telah bekerjasama membangun Maluku tercinta terutama dukungan aktif dalam agenda yang dilaksanakan di Provinsi Maluku termasuk di daerah maupun nasional. Selamat jalan di penempatan yang baru kepada Laksamana pertama TNI Simatupang, tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepadanya Ny. Antongan Simatupang", lanjut Gubernur.

Melalui sambutan yang dibacakan Sialana Gubernur mengatakan, hubungan baik antara pemerintah Provinsi Maluku dan Lantamal IX Ambon membuktikan kehadiran TNI Angkatan Laut bersama komponen stakeholder dan masyarakat dalam menjaga keamanan laut dan keamanan NKRI. Keseluruhan pulau-pulau di Provinsi Maluku adalah 1.412 buah pulau. Pulau dengan luas kurang dari 1 juta Ha dikategorikan sebagai pulau kecil menurut Monk et al. (2000). Dengan kategori pulau seperti itu, maka hanya pulau Seram yang memiliki luas diatas 186 juta Ha dan tidak termasuk pulau kecil sedangkan sisanya sebanyak 1.411 buah pulau termasuk kategori pulau-pulau kecil (Nanere, 2006). Secara spesifik pulau-pulau yang ada di wilayah Maluku merupakan pulau-pulau yang mengelompok secara bersama dan memiliki karateristik yang heterogen. Karakter yang saling berbeda antara satu pulau dengan pulau lainnya disebabkan oleh perbedaan aspek geografis, fisik, iklim, sosial, budaya dan etnis serta tahapan perkembangan ekonomi wilayahnya.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal IX meminta dukungan serta kerja sama kepada seluruh Prajurit Lantamal IX untuk mengemban tugas sebagai Danlantamal IX.

"Kami akan meneruskan program yang telah dilaksanakan Laksma TNI Antongan Simatupang dan bekerja sama untuk kemajuan Provinsi Maluku. Selain itu, selamat bertugas kepada Laksama Pertama TNI Antongan Simatupang di kedinasan yang baru", jelas Danlantamal.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Maluku Irjen (Pol) Royke Lumowa, Kasdam XVI/Patimura, Kajati Maluku, Tokoh Agama Provinsi Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku, Wadan Lantamal IX, Para Asisten Danlantamal IX beserta Ibu, Kadisops Lanud Patimura, Para Danlanal jajaran Lantamal IX beserta Ibu, Para Kasatker Lantamal IX, Ibu-ibu pengurus Jalasenastri Korcab IX DJA III, Seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IX serta Prajurit Yonmarhanlan IX,serta Para tamu undangan. (NAL/DISPEN LANTAMAL IX)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00