• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Donny Pattinasarany: “Menghilangkan Rumput Lapangan Merdeka Sama Dengan Menghapus Sebagian Sejarah Kota Ambon”

19 July
21:29 2019
2 Votes (5)

KBRN, Ambon: Perubahahan wajah Lapangan Merdeka Kota Ambon kini semakin terlihat. Pasalnya, lapangan yang pernah menjadi ikon kebangaan Kota Ambon itu kini kehilangan seluruh rumput hijaunya dan berganti dengan bata beton atau paving block. Pro dan kontra pun mengiringi proses perubahan ini dengan berbagai tanggapan dari warga yang tinggal di dalam maupun di luar Ambon. Sebagaimana disampaikan oleh Doni Patinasarany yang dihubungi melalui telpon selulernya pada Jumat (19/7/2019).

Pengamat sepakbola nasional itu menyayangkan kondisi Lapangan merdeka saat ini. Menurut Patinasarany, lapangan merdeka layaknya rumah besar yang telah melahirkan banyak legenda sepakbola nasional. Dihilangkannya seluruh rumput Lapangan Merdeka, bagi Patinasarany sama dengan menghapus sebagian sejarah kota ini.

“Kalau sampai Stadion Merdeka ini dihilangkan, berarti pemerintah menghilangkan satu sejarah dari Kota Ambon. Sejarah ini kalau dihilangkan berarti pemerintah daerah sudah menghakimi dirinya sendiri”, terang Pattinasarany.

Tanggapan ini muncul karena menurut Pattinasarany, lapangan merdeka dibangun oleh pemerintah daerah dengan tujuan awal adalah menjadi tempat bertemunya seluruh pesepakbola asal Ambon yang berada di luar Maluku saat mereka kembali pulang. Sehingga keberadaan lapangan yang disebut sebagai alun – alun Kota Ambon ini layaknya rumah bersama bagi para pecinta sepakbola Kota Ambon.

“Lapangan itu dibuat waktu itu untuk mempersatukan warga Ambon yang ada di seluruh Indonesia, saat mereka pulang dapat bermain di situ”, jelas Pattinasarany.

Sejak awal pekan ini, sejumlah pekerja terlihat melakukan aktifitas pekerjaan di lapangan merdeka. Ratusan buah paving blocdan beberapa alat berat kini menempati sejumlah sudut lapangan merdeka. Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang tentang nasib selanjutnya dari perubahan wajah lapangan merdeka. (NAL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00