• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

JCH Maluku Dihimbau Utamakan Ibadah Wajib Saat di Tanah Suci

16 July
18:02 2019
1 Votes (1)

KBRN:Ambon-Jamaah Calon Haji (JCH) Maluku yang terdiri dari tiga kelompok terbang (Kloter) yaitu Kloter 12, 13 dan Kloter 14 di himbau untuk fokus melaksanakan ibadah wajib ketimbang ibadah sunah saat berada di Tanah Suci, mengingat puncak haji adalah Wukuf di Arafah. 

Kepala Kantor Kementrian Agama Wilayah Maluku, Fesal Musaad yang di hubungi rri via telpon seluler, Selasa (16 Juli 2019) mengaku, saat menyerahkan JCH Maluku Kloter 14 yang berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kota Tual ke  Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Emberkasi Makasar Sulawesi Selatan, Senin (15 Juli 2019), untuk diberangkatkan menuju Tanah Suci Madinah, Saudi Arabiya yang bergabung dengan Jamaah Calon haji Kloter 14 asal Sulawesi Selatan, agar JCH Maluku menjaga niat dan hati karena perjalanan ibadah haji bukanlah perjalanan wisata melainkan ibadah kepada Allah SWT.

“Jamaah Calon Haji Maluku harus menjaga kondisi kesehatan karena saat ini kondisi cuaca di Arab Saudi sangat ekstrem, suhunya mencapai 50 derajat celcius. Oleh karena itu, JCH harus memperbanyak mengkonsumsi air putih, tidak ngobrol hingga larut malam, makan, tidur, dan ibadah teratur dimana tidak mengutamakan ibadah sunnah ketimbang ibadah wajib, karena puncak haji adalah Wukuf di Arafah,”ungkap Kakanwil Agama Maluku, Fesal Musaad, Selasa (16 Juli 2019). 

Menurut Musaad, Jamaah Calon Haji Maluku seharusnya tidak melaksanakan ibadah Umroh berkali-kali, karena akan berdampak pada kondisi fisik mereka, sehingga saat melaksanakan Wukuf di Arafah yang merupakan puncak Ibadah Haji, para Jamaah kehilangan stamina sehingga mengganggu proses Wukuf.

“Kami wanti-wanti JCH agar tidak melaksanakan Umroh berkali-kali karena nanti saat melaksanakan Wukuf di Arafah mereka kehilangan stamina, padahal puncak Ibadah Haji adalah Wukuf di Arafah,”tuturnya.

Dikatakan, saat penyerahan JCH Kloter 14 yang disebut dengan Kloter Bhineka Tunggal Ika oleh Kakanwil Agama Maluku, Musaad berpesan agar JCH Maluku dapat mengedepankan kesabaran, saling menghargai dan menghormati, sehingga saat kembali ke Tanah Air membawa predikat Haji Mabrur dan meninggalkan kesan terbaik di Tanah Suci sebagai Jamaah Haji Indonesia yang menjunjung tinggi berbedaan dan kebersamaan.

“JCH Kloter 14 ini saya namakan kloter Bhineka Tunggal Ika karena gabungan dari 370 JCH Maluku dan 79 JCH Makasar. Harapannya mereka mengedepankan kesabaran, kebersamaan dan rasa saling menghargai satu dengan yang lain sebagai umat Islam dan Bangsa Indonesia. Kami juga menitipkan doa agar, Provinsi Maluku selalu dalam kondisi aman, damai dan tentram selamanya, jauh dari musibah dan selalu hidup berdampingan satu dengan yang lain, sebagaimana titipan doa yang disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail saat pelepasan 1.272 JCH Maluku di Asrama Haji Antara Waiheru-Kota Ambon, Sabtu (13 Juli 2019),”ungkapnya. 

Sementara itu, H. Yamin selaku Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Maluku yang dihubungi langsung dari Arab Saudi via telpon seluler menyampaikan, JCH Maluku kloter 12 telah tiba di Madinah pada pukul 17.00 waktu Arab Saudi. Barang bawaan JCH telah diantar langsung ke kamar masing-masing. Sejumlah JCH juga telah melakukan rangkaian ibadah seperti mengintari suasana Raudha dan Itikaf di Masjid Nabawi, mengingat masing-masing kloter akan melakukan proses ibadah selama 8 hari saat tiba di Madinah. Sementara untuk kloter 13 di jadwalkan tiba di bandara Madinah pada Selasa waktu setempat dan kloter 14 direncanakan terbang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar  pada pukul 22.00 WITA. 

“Alhamdllah, JCH Maluku kloter 12 telah tiba di Madinah pada Senin pukul 17.00 waktu Arab Saudi. Sementara kloter 13 akan tiba hari selasa di Madina. Untuk kloter 14 dijadwalkan bertolak dari Makasar menuju Arab Saudi pada Selasa malam, sekitar pukul 22.00 WITA. Kalo yang kloter 12, Alhmadllah barang bawaan mereka sudah di antar langsung ke kamar masing-masing. Ada yang sudah lakukan berbagai rangkain ibadah,”ucap Yamin.

 
Menurutny, saat tiba di Bandara Madinah, kondisi kesehatan JCH Maluku kloter 12 dalam keadaan sehat, terlebih karena kondisi cuaca di bandara bersahabat dengan para JCH.
“Alhamdllah mereka semua sehat, saat tiba di bandara Madinah, kondisi cuaca bersahanat dengan pata Jamaah Calon Haji (JCH) Maluku jadi mereka semua sehat walafiat,”tuturnya.

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00