• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

455 JCH Maluku Kloter 14 Berangkat Menuju Tanah Suci

16 July
17:59 2019
0 Votes (0)

KBRN: Ambon- Sebanyak 455 Calon Jamaah Haji (CJH) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 14 Embarkasi Makassar (UPG) bertolak ke Tanah Suci, Madinah, Selasa (16/7).

Rombongan terakhir gabungan 370 orang jamaah asal Maluku ditambah sebagian jamaah 85 orang dari Kota Makassar ini berangkat dari Aula Arafah Asrama Haji Embarkasi Sudiang menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk selanjutnya diterbangkan ke Madinah dengan menggunakan Maskapai Garuda Airlines Indonesia (GIA).

Proses pemberangkatan JCH Kloter gabungan ini ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih Indonesia dari Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Sudiang, Muhammad Ikbal selaku PPIH embarkasi Makassar kepada Ketua Kloter 14 Hasrul Kelrey disaksikan langsung Kepala Bagian Tata Usaha, Jamaludin Bugis, S. Ag dari PPIH Maluku. Selain membawa ratusan jamaah tersebut, romongan CJH Kloter ini turut didampingi lima orang petugas haji.

Ketua Kloter 14 Hasrul Kelrey kepada wartawan mengungkapkan, calon jamaah haji asal Maluku mayoritas sudah lanjut tua (lansia) dengan presentase 80%. JCH tertua dalam rombongan ini berumur 100 tahun atas nama Surianto Sartono asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Meski mayoritas CJH sudah lansia, mereka telah dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan tahap akhir di Embarkasi Makassar dan dinyatakan layak diberangkatkan ke Tanah Suci. 

"Semoga jamaah bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan tenang dan khusyuk," harap Kelrey.

Ditanyakan terkait masukan dari Pemerintah Provinsi Maluku, Kelrey mengatakan seluruh jamaah asal Maluku selalu didoakan agar diberikan kesehatan dan bisa menjalankan rukun haji dengan sempurna serta kenbali ke tanah air menjadi haji yang mabrur.

Dikatakan, selain kesehatan, pemerintah juga menaruh harapan penuh, bahwa dengan perjalanan ibadah haji di Tanah Suci, Maluku bisa dijauhkan dari segala bencana.

"Itu titipan pesan yang disampaikan kepada seluruh calon jamaah haji Maluku dalam pemberangkatan ini," pungkasnya.

Sementara terkait keberangkatan, Kelrey mengatakan, rombongan haji Kloter 14 yang terdiri dari CJH aaal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Kota Tual dan sebagian jamaah lainnya dari Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan bertolak menuju Madinah meninggalkan Tanah Air pada Selasa dini hari tepat pukul 19.50 WITA. 

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00