• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kriminal

Dishub Ingatkan Kontraktor Patuhi Jam Operasional Truk Alat Berat

2 July
15:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Pasca tabrakan maut antara sepeda motor dengan mobil pengangkut alat berat milik PT Esserindo Multi Bangun, yang menewaskan dua pengendara sepeda motor di Kawasan Transit Passo, Kota Ambon. 

Dinas Perhubungan Kota Ambon memberi peringatan keras kepada kontraktor maupun operator alat berat terkait jam operasional kendaraan berkapasitas besar serta pengawalan Satuan Lalu Lintas. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette menegaskan, jam operasional angkutan berat sudah diatur mulai pukul 22.00 hingg pukul 06.00 pagi. 

Dalam kondisi mendesak yang mengharuskan pekerjaan diselesaikan saat itu diluar jam yang telah ditetapkan, wajib mendapat pengawalan Satlantas, untuk memastikan semua pengguna jalan aman. 

"Operasional angkutan berat sudah diatur dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi. Kalau bersifat mendesak harus mobilisasi siang berkaitan dengan pekerjaan yang harus diselesaikan harus dapat pengawalan kepolisian," jelas Sapulette, Selasa (2/7/2019). 

Saat terjadi kecelakaan beberapa waktu lalu, truk alat berat jenis Road Cutter ER550EF diketahui bergerak dari Desa Suli Kabupaten Maluku Tengah menuju kantor PT Esserindo Multi Bangun di Kawasan Passo Kota Ambon. 

Truk alat berat tidak dikawal Satlantas saat mobilisasi di jalan raya. Kelalaian pihak perusahaan ini membuat pemiliknya harus berurusan dengan aparat kepolisian. 

"Kalau mobilisasi siang dan luar jam operasional kan harus tetap dikawal. Sekarang kasus tersebut sudah ditangani Satlantas Polres Ambon. Itu kewenangan polisi untuk menyelidiki penyebabnya," tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00