• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

Sering Kebanjiran, Kantor PN Hunimoa Akan Pindah ke Jalan Protokol

20 June
23:09 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bula: Banjir bandang yang kerap melanda Kota Bula menyusul hujan deras,  bukan saja meresahkan warga kota yang bermukim di sekitar kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, tetapi juga aparat peradilan. Pasalnya, setiap kali terjadi hujan, Kantor Pengadilan Negeri (PN) Dataran Hunimua yang berlokasi di belakang eks Kantor Dinas Kehutanan SBT selalu menjadi langganan banjir bandang.

Hal itu dibenarkan Ketua PN Dataran Hunimoa Purwanto Abdullah. Dikonfirmasi RRI terkait kesiapan infrastruktur pendukung dalam menangani perkara hukum di PN Hunimua, Kamis (20/06/2019), Purwanto memastikan tidak ada masalah. Hanya saja, yang mengganggu, kata Purwanto, kantor sementara dengan status pinjam pakai itu selalu menjadi langganan banjir ketika hujan deras mengguyur Kota Bula.

Namun masalah banjir itu, tambah Purwanto, telah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten SBT untuk disikapi. Dari hasil koordinasi dengan Sekda Syarif Makmur dan Bupati Abdul Mukti Keliobas, Pemkab SBT telah menjanjikan gedung yang baru untuk Kantor PN Hunimua,  yakni Kantor Dinas Pendapatan dan Keuangan SBT di Jalan Protokol setelah dinas tersebut menempati gedungnya yang baru.

“Untuk infrastruktur, memang saat ini kita masih status pinjam di eks Kantor Dinas Kehutanan, bagian belakang. Namun karena setiap hujan selalu banjir, kita koordinasi dengan pak sekda, pak bupati dan kita  dijanjikan menempati Kantor Dinas Keuangan. Kemarin kita sudah koordinasi dengan pak kadis, insha Allah satu dua bulan baru mereka pindah ke gedung yang baru,” ungkap Purwanto.   

Banjir adalah bencana alam yang menjadi momok bagi  warga Kota Bula dan butuh penanganan seirus dari Pemerintah Kabupaten SBT. Selain mengganggu lalu lintas kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan utama, banjir bandang kerap merendam pemukiman warga di sekitar kawasan Kantor Komisi Pemilihan Umum SBT dan kawasan pemukiman di sekiatar Sungai Wailola Kecil. Buruknya pembangunan drainase di Kota Bula dituding sebagai biang kerok terjadinya banjir bandang setiap datang hujan deras. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00