• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kembalikan Kepercayaan Diri Orang dengan HIV-AIDS, CCI Maluku dan Rumah Beta Gelar Seminar

19 June
16:08 2019
1 Votes (1)

KBRN-Ambon- Upaya memberikan motivasi untuk terus bangkit dan berdaya, berdiri sendiri setelah menghadapi kenyataan sebagai penderita HIV AIDS, puluhan orang dengan HIV AIDS mengikuti seminar kerjasama Rumah Beta Ambon dengan  Clerry Cleffy Institute  Maluku yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ambon, Rabu 19 Juni 2019. 

Psikolog Perdamaian yang juga Pendiri dan Direktur Clerry Cleffy Institute Maluku, Dwi Prihandani menjelaskan, dalam kesempatan tersebut, selaku  Psikolog Perdamaian dirinya berkesempatan memberikan materi terkait Pertumbuhan Pasca Trauma, sehingga mereka mengetahui dan mampu mengenali dirinya untuk bangkit dan melanjutkan hidup dengan cara yang lebih baik dan positif. Selain itu yang lebih penting diketahui bahwa pengalaman yang di alami tidaklah sema melainkan berbeda-beda sehingga mampuh menerima diri dengan baik.

“Hari ini bersinergi dengan Komunitas Rumah Beta Ambon. Karena saya Psikolog Perdamaian maka saya memberikan materi terkait pertumbuhan pasca trauma, dengan tujuan agar mereka termotivasi dan bangkit untuk menerima kenyataan dan dapat melanjutkan kehidupannya dengan baik,”jelas Dwi, Rabu (19 Juni 2019). 

Dwi mengatakan, komintas orang dengan HIV dan AIDS harus diterima dengan baik di masyarakat, sehingga mereka dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan nyaman di masyarakat, mengingat sigma penularan HIV AIDS di masyarakat sangat beragam dan menjadikan penghalang sehingga kepercayaan diri di ODHA terkadang menurun, padahal menularnya virus mematikan it melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bergantian, sementara berjabat tangan dan berbicara tidak menularkan HIV AIDS.

“Saya rasa perlu bagi kita semua untuk terbuka terhadap komunitas mereka, agar mereka bias bersosialisasi dan interaksi dan diterima dengan baik sehingga setara di mata msyarakat,”harap Dwi. 

Selain menjadi Pemateri, Dwi juga memberikan bantuan dana sebesar Rp 5.000.000 kepada Rumah Beta guna membantu berjalannya organisasi yang menaungi ODHA di Kota Ambon itu.

Koordinator Rumah Beta Ambon, Evilin Teresya, mengaku, sejauh ini, Rumah Beta Ambon melalui berbagai bantuan telah memberikan bantuan kepada 100 orang dengan HIV AIDS di Kota Ambon. 

“Pemberdayaan kepada teman teman ODHA berupa usaha mandiri kerjasama dengan DInas Sosial Kota Ambon dan Provinsi Maluku, salah satunya usaha kursi plastik. Untuk bantuan kursi plastik ini sudah jalan selama tiga tahun kepada 30 orang,”jelas Teresya.

Dikatakan, berdasarkan data real di Rumah Beta Ambon, setiap tahun terdapat kasus baru HIV AIDS, hal itu terlihat dari penerima bantuan yang diberikan komunitasnya, mengingat data tersebut berdasarkan nama yang terterah di dalam KTP sehingga tidak terjadi dabel penerima.

“Kalo data jumlah kasus HIV AIDS di Kota Ambon kami tidak terlalu mengetahui karena kami tidak konsen di jumlah kasus melainkan pemberdayaan, namun berdasarkan data real di Rumah Beta, setiap tahun terdapat kasus baru. Hal itu terlihat saat pemberian bantuan usaha karena nama penerima berdasarkan nama yang tertera di KTP,”ungkapnya. 

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00